Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Mau makan roti yang ENDEUSiast beli kemarin, tapi kok rasanya tidak enak. Wah, mungkin ENDEUSiast salah cara menyimpannya. Simak tips di bawah ini!

Roti memang jenis makanan yang agak lama untuk membusuk. Makanya, terkadang orang-orang sembarangan menyimpannya. Tahu-tahu ketika akan dimakan, rotinya sudah tidak enak. Apakah ENDEUSiast juga tipikal seperti itu? Padahal seringkali, roti yang sudah basi tersebut, penyebabnya bukan karena kualitas bahan, tapi cara penyimpanan yang tidak benar. Maka dari itu, ubah kebiasaan ini dengan langkah di bawah ini, yuk!

1/ Jangan Masukkan Kulkas

Jangan menaruh roti di kulkas. Studi ilmiah menunjukkan bahwa kulkas mengeluarkan uap air roti dan menjadikannya basi tiga kali lebih cepat daripada pada suhu kamar. Ini terjadi dari suatu proses yang dikenal sebagai "retrogradasi".

Roti yang dibeli di toko harus disimpan dalam kantong plastik pada suhu kamar daripada di lemari es. Tapi jika ENDEUSiast mendapatkan kantong kertas setelah membeli, berarti gunakan kantong kertas tersebut. Kertas akan menyerap kelembapan berlebih.

2/ Tunggu Roti Hingga Benar-benar Dingin

Ketika usai membeli atau membuat roti, roti masih terasa panas atau hangat, maka sebaiknya jika ingin menyimpan, dinginkan dahulu. Roti yang masih panas tidak tepat jika dimasukkan ke dalam wadah untuk disimpan, karena uap yang ada di roti hangat bisa jadi bulir air yang membuat roti mudah basi.

3/ Masukkan dalam Wadah Kedap Udara

Misalnya saja plastik. Plastik adalah yang terbaik atau cara terburuk untuk menyimpan roti. Jika roti ENDEUSiast dibungkus ganda dengan plastik bersih dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering, plastik benar-benar dapat memperpanjang umur roti (terutama di iklim yang lebih kering).

Namun berhati-hatilah: Jika ada setetes kelembaban di plastik itu, air dapat menetaskan dan membuat roti lembek atau justru jauh lebih buruk, roti jadi berjamur.

4/ Bekukan

Membekukan berbeda dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Tujuan pembekuan sendiri adalah mematikan sel yang menyebabkan busuk. Jangan lupa untuk melakukannya, sebaiknya roti dipotong dulu sesuai selera.

Secara umum, roti tidak boleh ditinggalkan dalam waktu lama. Jika ENDEUSiast membiarkannya terbuka, roti biasanya akan membentuk kerak dan menjadi kaku dan basi dalam sekejap mata. Ditambah lagi iklim kering menghisap kelembaban roti lebih cepat. Namun, untuk roti yang mengandung lemak adalah perkecualian dari aturan ini. Roti tersebut akan lebih baik lebih lama jika ditinggalkan di udara terbuka!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.