Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan nusantara yang diolah dengan cara dibakar memberikan kenikmatan tersendiri. Apalagi bila ENDEUSiast bisa mengolahnya dengan benar.

Bagi pecinta makanan yang dibakar pasti tidak akan pernah menolak kelezatan dari hidangan yang dibakar, terutama bila disajikan bersama dengan sepiring nasi hangat, bawang goreng, lalapan dan sambal. Lauk yang dibakar memang memiliki kenikmatan tersendiri yang tentu berbeda bila diolah dengan teknik memasak lainnya.

Mengolah bahan yang hendak dibakar juga diperlukan tips agar hasil masakannya menjadi lezat dan juga tidak menghilangkan unsur sehat pada masakan tersebut. Mari simak baik-baik tips di bawah ini agar ENDEUSiast bisa mengolahnya secara tepat.

1/ Membakar Menggunakan Api Kecil

Bagi ENDEUSiast yang hendak membakar daging atau bahan olahan apapun, sebaiknya gunakan api kecil dengan suhu yang relatif rendah. Menggunakan api yang besar memang akan cepat panas tetapi akan cepat gosong pula.

Membakar dengan api besar juga tidak bisa menjamin daging bisa matang secara merata. Maka dari itu tips yang tepat adalah dengan menggunakan api kecil. Proses memasaknya memang akan memakan waktu lebih lama tetapi hasil masakannya pun bisa lebih matang maksimal hingga ke dalam daging dan juga terhindar dari gosong.

2/ Memilih Daging Tanpa Lemak

Setiap bahan olahan daging pasti memiliki lemak. Untuk masakan lainnya mungkin tidak masalah bila mengikutkan lemak menjadi satu dengan daging. Tetapi hal ini tidak bisa diterapkan pada masakan yang dibakar. Daging yang memiliki lemak ketika dibakar akan meneteskan lemak ke api sehingga membuat api menjadi membesar dan menimbulkan banyak asap.

Hal ini juga bisa menjadi penyebab daging cepat gosong karena dari situlah zat karsinogen pada lemak mulai terbentuk. Jadi sebaiknya hati-hati ya dalam memilih daging agar tidak salah pilih. Bukannya menghasilkan masakan yang lezat justru malah pahit karena gosong dan tentu ini bukanlah makanan yang sehat.

3/ Merendam ke Dalam Bumbu

Untuk memberikan cita rasa yang khas, maka sebaiknya bahan olahan direndam terlebih dahulu sebelum dibakar. Rendam bahan olahan sekitar 30 menit, biarkan bumbu menyerap ke dalam daging. Barulah setelah itu ENDEUSiast bisa mulai untuk membakarnya. Selain bertujuan untuk memberikan cita rasa pada daging, teknik merendam ke dalam bumbu juga bisa berguna untuk memisahkan daging dan zat karsinogen yang bisa membahayakan tubuh.

Ada baiknya juga menggunakan bumbu yang diracik sendiri daripada menggunakan yang kemasan karena kita tidak tahu bahan apa saja yang terdapat dalam bumbu kemasan tersebut. ENDEUSiast tidak mau kan menyantap masakan lezat tetapi justru dapat membahayakan tubuh?.

Beberapa tips di atas bisa ENDEUSiast terapkan untuk membuat masakan nusantara yang dibakar. Untuk kreasi masakan yang dibakar bisa ENDEUSiast lihat resepnya di sini . Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.