Agar Daging Bebek Empuk Ketika Disantap
Agar Daging Bebek Empuk Ketika Disantap

Menyajikan resep masakan dari daging bebek harus bisa menghasilkan tekstur daging yang empuk dan lembut pada saat disantap.

Menyajikan resep masakan dari daging bebek harus bisa menghasilkan tekstur daging yang empuk dan lembut pada saat disantap. Ikuti tips berikut ini!

Ciri khas dari daging bebek adalah memiliki tekstur yang padat namun lembut, serta cita rasanya yang kuat bila dibandingkan dengan daging ayam. Maka tidak heran bila banyak yang gemar dengan sajian daging bebek.

Meskipun begitu, mengolah daging bebek tidak semudah yang dibayangkan karena bila kita salah dalam proses pengolahannya, bisa membuat tekstur dari daging bebek menjadi keras. Hal ini tentu akan menyulitkan ENDEUSiast ketika memakannya.

Maka dari itu, ENDEUSiast perlu mengetahui tips mengolah daging bebek secara tepat agar menghasilkan tekstur yang empuk.

1/ Pilih Daging Bebek Segar

Untuk menghasilkan daging bebek yang empuk dan lembut, ENDEUSiast harus bisa memilih daging bebek yang segar, tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua. Untuk mengetahui daging bebek yang masih segar, ENDEUSiast bisa melihat dari warna kulitnya yang putih, tekstur kakinya yang masih lunak sehingga mudah untuk ditekuk serta bagian dadanya terlihat gemuk. Semua ciri tersebut menandakan bahwa daging bebek belum begitu keras, sehingga pada saat dimasak pun tidak menjadi keras.

2/ Mencuci Bersih Daging Bebek

Sebelum dicuci, ENDEUSiast harus membuang bulunya terlebih dahulu. Bila masih ada sisa bulu yang tertinggal, cara membersihkannya adalah dengan membakar sebentar menggunakan api kecil. Buang bagian pantat dan jeroan bebek karena disitu terdapat banyak kandungan lemak yang dapat menimbulkan bau amis ketika dimasak. Pada bagian permukaan kulitnya, biasa terdapat kulit ari yang berwarna kuning, itu juga harus ENDEUSiast hilangkan dengan cara menggosok kulitnya dengan garam kasar.

Jika sudah melakukan semua hal di atas, maka selanjutnya adalah mencuci daging bebek hingga bersih. Setelah itu, lumuri dengan menggunakan air perasan jeruk nipis agar bau amisnya hilang, dan rendam sekitar 1 jam untuk membuat tekstur dari dagingnya menjadi lunak, lalu bilas hingga bersih.

3/ Merebus Daging Bebek

Untuk merebus daging bebek, ENDEUSiast perlu menyiapkan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, lengkuas dan kunyit yang kemudian dihaluskan. Tambahkan juga daun salam, daun jeruk dan sereh ke dalam bumbu yang dihaluskan. Semakin banyak bumbu, maka semakin kuat rasanya dan tidak menimbulkan bau amis. Rebus daging bebek selama 3 – 5 jam di atas api kecil dan biarkan bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Setelah dirasa empuk, ENDEUSiast sudah bisa mengolahnya menjadi masakan yang lezat seperti kuliner khas Bali yaitu Bebek Betutu.

Itulah beberapa tips mengolah daging bebek agar empuk. ENDEUSiast bisa langsung mencobanya di rumah.

Endeustorial

Ikuti Instagram