Agar Bakso Seafood Kenyal Alami
Agar Bakso Seafood Kenyal Alami

Simak rahasia membuat bakso seafood yang kenyal alami di bawah ini ya.

Ingin membuat bakso seafood? Simak rahasia membuat bakso seafood yang kenyal alami di bawah ini ya.

Seafood adalah salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi aneka macam makanan. Variasi bakso seafood yang paling populer adalah bakso ikan. Bakso seafood ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu teksturnya yang tidak sekenyal bakso dari daging sapi. Dari segi rasa, bakso seafood ini mempunyai rasa gurih dan umami yang alami. Meskipun tidak menggunakan penyedap rasa buatan, bakso seafood ini tetap lezat.

Berikut ini beberapa tips sukses membuat bakso seafood.

1/ Pilih Jenis Seafood

Sebelum membuat bakso, ENDEUSiast harus menentukan jenis seafood yang akan digunakan. Pilihan bakso seafood yang umum adalah bakso ikan. Untuk bakso ikan ENDEUSiast bisa menggunakan ikan dengan daging yang putih seperti tuna, tenggiri, dan sejenisnya. Selain ikan, ENDEUSiast juga bisa membuat bakso dengan seafood yang juga berwarna putih seperti cumi-cumi dan udang. ENDEUSiast juga bisa mencampur beberapa jenis seafood menjadi bakso yang lezat. Pastikan untuk menggunakan seafood dengan warna putih agar bakso bisa berwarna putih juga.

2/ Buat Adonan Bakso Dengan Benar

Salah satu kunci kekenyalan bakso adalah adonan yang dingin. ENDEUSiast bisa menggunakan seafood yang dingin namun tidak beku. Seafood yang beku akan menyulitkan ketika proses penggilingan. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa menambahkan es batu ketika proses menggiling dan mengadoni bakso sehingga suhu adonan tetap dingin. Selain itu, tepung sagu juga harus dimasukkan pada proses terakhir, agar bakso tidak menjadi keras. Gunakan tepung sagu yang berwarna putih, bukan tepung sagu aren, agar warna bakso tetap putih.

3/ Bentuk Bakso Sama Besar

Salah satu rahasia sukses membuat bakso seafood adalah membentuk bakso. Secara umum proses membentuk bakso seafood sama dengan proses membentuk bakso sapi yaitu dengan menggunakan tangan dan kemudian disendok hingga menjadi bulat. ENDEUSIast bisa juga membentuk bakso dengan bantuan 2 buah sendok. Setelah adonan bakso dibentuk dan menjadi bulat, masukkan bakso dalam air panas. Proses ini akan membuat adonan bakso lebih menyatu dan mencegah bakso seafood pecah ketika direbus.

4/ Rebus Bakso

Bakso tidak perlu direndam terlalu lama dalam air panas, karena bisa membuat teksturnya lembek. Setelah adonan sudah berbentuk bulat sempurna, segera angkat bakso dan rebus dalam air mendidih. Angkat bakso ketika sudah mengapung dan ukurannya mengembang dua kali lipat.

5/ Tiriskan dan Simpan Bakso

Setelah bakso matang, segera angkat bakso dan tiriskan, agar teksturnya tidak menjadi lembek. Diamkan bakso hingga dingin dan kemudian bakso bisa disimpan. ENDEUSiast bisa menyimpan bakso di dalam freezer ataupun di kulkas. Ketika bakso seafood dibekukan, tekstur bakso akan menjadi berlubang. ENDEUSiast bisa menyiasati hal ini dengan merebus bakso dalam keadaan beku sehingga bentuknya tetap bagus. Membuat bakso seafood tidak susah. ENDEUSiast bisa menggunakan beberapa tips di atas agar hasil bakso seafood bagus seperti bakso dalam kemasan.

Itulah beberapa tips untuk membuat bakso seafood. Selamat mencoba!

Endeustorial

Ikuti Instagram