9 Tips Membuat Bolu Pandan yang Lembut dan Mengembang
9 Tips Membuat Bolu Pandan yang Lembut dan Mengembang

9 Tips Membuat Bolu Pandan yang Lembut dan Mengembang

Supaya bolu pandan bikinan sendiri hasilnya lembut dan mengembang, ikuti 7 tips bolu pandan berikut ini!

Bolu pandan menjadi salah satu cake yang disenangi masayarakat Indonesia. Warnanya yang hijau dengan tekstur yang empuk dan harum selalu dirindukan.

Saking sukanya dengan bolu pandan, bolu ini sering disajikan sebagai kue menyambut tamu atau antaran hari raya besar.

Bolu pandan yang enak tak hanya dari rasa pandannya saja yang terasa, tetapi dari teksturnya yang empuk, lembut dan mengembang.

Tekstur ini sebenarnya dihasilkan dari bahan-bahan yang dipilih, teknik membuat adonan dan juga memanggang yang tepat.

Biar Bolu Pandan yang sesuai ekspektasi, simak 7 tips bolu pandan yang lembut dan mengembang ini, nih!

Dijamin, bolu pandan akan seperti yang dibeli di toko bakery, deh.

Baca Juga: Resep Pandan Chiffon Cake

1/ Metode Cake yang Digunakan

Membuat bolu cake sebenarnya bisa dengan metode apa saja, bisa sponge bahkan butter cake.

Tapi, kalau mau menghasilkan bolu pandan yang lembut dan mengembang, maka sebaiknya pilih metode chiffon cake.

Chiffon cake memiliki tekstur yang ringat, empuk, lembut dan mengembang sesuai dengan kriteria.

Cake ini dibuat dengan mencampurkan adonan cake dan adonan busa. Bila butter cake dibuat dengan lemak berupa mentega, chiffon cake dibuat dengan minyak sayur.

Jadi, nantinya kita akan membuat adonan cake yang dibuat dari bahan-bahan seperti terigu, santan, kuning telur, gula halus, air daun suji dan minyak, di sisi lain kita mengocok putih telur hingga mengembang kemudian keduanya dicampur.

Mencampur keduanya harus pelan-pelan agar udara dalam adonan tidak keluar sehingga hasil cake mengembang dan tidak pecah di permukaan.

Untuk membuat bolu pandan, kita lihat bahan-bahannya berikut ini.

2/ Memilih Bahan Bolu Pandan

Bahan-bahan bolu pandan berupa tepung terigu protein rendah, gula pasir, minyak goreng, santan kental, air daun suji, kuning telur, putih telur, garam dan gula pasir halus.

Dua jenis gula digunakan untuk membuat adonan dan juga sebagai bahan tambahan saat mengocok putih telur.

Warna hijau bolu pandan berasal dari air daun suji. Cara membuatnya adalah menyobek-nyobek daun suji dan daun pandan lalu dihaluskan dengan air matang.

Setelah dihaluskan baru diperas sampai airnya keluar. Air daun suji ini tak hanya memberi warna tetapi memberi aroma dan rasa yang lebih enak.

Selain menggunakan air daun suji, rasa pandan juga bisa dihasilkan dari penggunaan pasta pandan dan pewarna makanan hijau.

Baca Juga: Resep Kue Bolu Pandan

3/ Cara Membuat Adonan Bolu Pandan

Adonan bolu pandan terbagi menjadi dua, yakni adonan cake dan adonan busa. Untuk membuat adonan cake, kita campur dulu tepung terigu dan gula pasir halusnya.

Di tempat terpisah, campur minyak goreng, santan, air daun suji, dan pewarna hijau secara perlahan. Jangan sampai ada gelembung karena diaduk terlalu cepat.

Setelah itu kita tambahkan kuning telur, lalu sisihkan. Setelah adonan cake ini jadi, kita lanjut dengan membuat adonan busa yang merupakan kocokan putih telur.

4/ Tips Mengocok Putih Telur

Tips membuat bolu pandan yang lembut dan mengembang tak bisa lepas dari kocokan putih telur yang digunakan.

Kocokan putih telur ini akan menghasilkan adonan busa yang nantinya dicampur ke dalam adonan cake.

Sebelum mengocok telur, pastikan wadahnya bersih dari lemak atau kotoran lain. Jika masih ada lemak, jangan harap putih telur dapat mengembang sempurna.

Untuk membuat adonan busa, kita kocok putih telur dengan garam. Setidaknya kita membutuhkan 5-6 putih telur untuk menghasilkan seloyang chiffon cake dengan loyang ukuran 20 cm.

Mengocok putih telur hanya menggunakan kecepatan sedang saja. Kecepatan tinggi justru lebih mudah memecah adonan busa ini.

Kocokan putih telur yang mengembang dibantu dengan cream of tartar. Selain membantu pengembangan, cream of tartar juga membuat hasil kue nanti tak cepat kempis.

Kalau tak punya cream of tartar, kita bisa menggantinya dengan cuka putih atau perasan jeruk nipis.

Setelah setengah mengembang, baru masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Jangan sekaligus banyak karena bisa mencegah kocokan telur mengembang sempurna.

Cukup kocok putih telur sampai medium peak saja. Medium peak adalah tekstur kocokan telur yang sudah mengembang tapi belum terlalu kaku.

Kocokan telur medium peak membuat tekstur cake tetap lembut.

Baca Juga: Resep Kue Sus Pandan

5/ Tips Mengaduk Adonan

Setelah adonan busa jadi, saatnya mencampurnya dengan adonan cake. Perlu dicatat, adonan busalah yang dituang ke dalam adonan cake.

Prinsipnya, adonan yang lebih ringan diaduk ke dalam adonan yang teksturnya lebih berat mencegah pengadukan yang lama.

Sendokkan adonan busa sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan teknik melipat. Jangan sampai mengaduk terlalu cepat supaya adonan tidak pecah.

Adonan yang pecah ditandai dengan tekstur adonan yang terlalu cair. Ini artinya, udara yang dikumpulkan dalam adonan busa sudah keluar.

Kalau sampai terjadi, jangan heran hasil kue jadi pecah dan retak di bagian permukaannya.

6/ Tips Menuang Adonan Bolu Pandan ke Dalam Loyang

Gunakan loyang chiffon atau loyang tulban yang ada bologannya di tengah. Baiknya gunakan loyang tulban bongkar pasang supaya bolu pandan bisa mudah dikeluarkan.

Untuk membuat chiffon cake, loyangnya tidak perlu diolesi margarin. Ingat, kue ini akan mengembang dan margarin justru mencegah cake mengembang sempurna.

Sambil dituang ke dalam loyang, sambil sembari diaduk supaya adonan tercampur rata. Tapi, ingat, diaduknya cukup pelan saja, ya.

Baca Juga: Resep Bolu Ketan Hitam Kukus yang Bisa Jadi Ide Bisnis

7/ Tips Memanggang Bolu Pandan

Jangan lupa sebelum memanggang cake, sebaiknya panaskan dulu oven agar suhunya sesuai.

Setelah itu panggang bolu pandan kira-kira 95 menit. Cake ini memang dipanggang lebih lama karena tekstur adonannya yang lebih cair.

Kalau mau membuat bolu pandan yang merekah, kuncinya kita oven dulu selama 20 menit dengan suhu 160 derajat Celsiuslalu keluarkan dan kerat dengan pisau.

Setelah itu, kita lanjutkan dengan pemanggangan selama 50 menit deng suhu 140 derajat Celsius. Terakhir, kita naikkan suhu menjadi 150 derajat Celsius dan oven selama 25 menit.

8/ Tips Mengeluarkan Bolu Pandan dari Loyang

Mengeluarkan bolu pandan tidak boleh saat baru matang. Kalau dikeluarkan, pasti bolu pandan bisa langsung kempis dan mengerut.

Tipsnya, kita manfaatkan botol sirup. Balikkan bolu pandan di atas botol sirup hingga cake sudah bersuhu ruang.

Jika tidak ada botol, kita bisa memanfaatkan dua barang dengan tinggi yang sama lalu letakkan loyang di sisi-sisinya dalam kondisi terbalik.

Saat sudah dingin, kita lepas dengan cara menyelipkan pisau di sisi-sisi cake dan putar pisau sampai sekeliling cake. Setelah itu, buka loyang samping dan bagian bawah loyang.

Baca Juga: Resep Bolu Marmer Rice Cooker

9/ Tips Memotong Bolu Pandan

Bolu pandan ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut, jadi kalau tidak dipotong dengan benar malah akan mengecil dan tidak bagus.

Kalau mau memotongnya, gunakan pisau roti yang bergerigi di ujungnya. Setelah itu potong dengan gerakan maju mundur seperti gergaji.

Hasilnya, pasti bentuk bolu pandan tidak rusak dan cantik tentunya.

7 tips bolu pandan lembut dan mengembang ini menjamin bolu pandan buatan sendiri sesuai yang diinginkan. Jangan lupa cek aneka resep bolu lain hanya di Endeus !

amadea hasmirna