Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Mengenal perbedaan karakteristik setiap jenis pisang dan cara terbaik mengolahnya

"

Pisang merupakan salah satu buah yang seakan tak mengenal musim di Indonesia. Sepanjang tahun, ragam jenis pisang tersedia untuk dipilih para penggemarnya. Selain disantap langsung, pisang juga sangat mudah untuk diolah menjadi beragam camilan sedap. Pisang goreng atau keripik pisang menjadi olahan pisang yang paling ramai dijumpai.

Namun nyatanya, setiap jenis pisang memiliki karakter rasa hingga tekstur yang berbeda. Perbedaan tersebut membuat setiap jenisnya memiliki cara pengolahan yang berbeda antara satu dan lainnya. Simak beberapa jenis pisang populer yang ada di Indonesia dan cara terbaik dalam mengolahnya.

1/ Pisang Ambon

Pisang ambon merupakan salah satu jenis pisang yang mudah dijumpai, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Salah satu jenisnya yang paling populer adalah Cavendish. Pisang jenis ini memiliki tekstur daging buah yang lembut dan manis.

Pisang ambon sangat cocok jika diolah menjadi campuran dalam adonan kue. Sebaliknya karena teksturnya yang lembut, pisang jenis ini tak cocok jika diolah menjadi pisang goreng, karena teksturnya akan terlalu lembek ketika matang.

2/ Pisang Tanduk

Namanya seakan menggambarkan penampilan buahnya. Pisang tanduk memiliki bentuk yang besar selayaknya tanduk. Pilih pisang dengan kulit yang mulai menghitam, karena hal tersebut membuktikan bahwa buah telah matang. Pisang tanduk yang telah matang memiliki tekstur daging buah yang legit, padat, dengan rasa yang tak terlalu manis.

Teksturnya yang padat dan legit membuat pisang jenis ini cocok diolah sebagai pisang goreng, kolak, pisang bakar, dan keripik.

3/ Pisang Nangka

Pisang nangka memiliki penampilan kulit buah yang tetap berwarna kehijauan meski buah telah matang. Pisang nangka memiliki aroma buah yang manis dengan warna daging buah yang kuning dengan sedikit kemerahan.

Teksturnya padat dengan rasa manis bercampur sedikit asam. Pisang nangka cocok jika diolah menjadi keripik, gorengan, atau isian kue tradisional.

4/ Pisang Uli

Pisang uli memiliki daging buah yang agak kenyal dan cukup padat. Pisang jenis ini juga memiliki aroma buah yang harum dengan rasa yang manis. Meski bisa dikonsumsi langsung, teksturnya yang padat membuat jenis pisang ini lebih cocok jika diolah terlebih dahulu. Pisang goreng, pisang molen, jongkong pisang, hingga kolak menjadi sedikit inspirasi untuk mengolah pisang ini.

5/ Pisang Mas

Bentuknya lebih kecil dibanding dengan jenis pisang lainnya. Tekstur dagingnya hampir menyerupai pisang ambon, lembut dengan rasa manis. Pisang mas cocok menjadi campuran dalam pembuatan cake hingga cemilan yang cukup dicelupkan ke dalam coklat leleh.

6/ Pisang Susu

Pisang susu memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pisang mas. Yang membedakan, pisang susu memiliki bintik-bintik kehitaman di permukaan kulitnya. Tekstur dagingnya juga lembut dengan rasa yang manis. Cocok sebagai campuran adonan kue, isian sandwich, atau dadar gulung pisang.

7/ Pisang Raja

Daging buah pisang raja memiliki warna kuning oranye dengan rasa yang manis. Teksturnya juga legit, sehingga nikmat jika disantap langsung. Namun selain disantap langsung, pisang jenis ini juga kerap diolah dalam kue-kue basah tradisional Indonesia, seperti Nagasari hingga Es Pisang Ijo. Cocok juga sebagai isian roti pisang, carang gesing, atau barongko pisang.

8/ Pisang Kepok

Pisang kepok memiliki penampilan paling berbeda di antara jenis pisang lainnya. Bentuknya besar melebar dan memiliki siku yang cukup tajam. Tekstur daging buahnya padat dan empuk namun tak terlalu lembut. Pisang kepok menjadi salah satu jenis pisang favorit untuk diolah menjadi pisang goreng. Hal ini dikarenakan, meski pisang telah melewati proses pemasakan, teksturnya tetap padat dan tidak berubah bentuk.

9/ Pisang Barangan

Pisang barangan memiliki ukuran yang tergolong kecil. Daging buahnya memiliki rasa manis dengan sedikit sentuhan asam. Tekstur daging buahnya padat meski pisang telah matang. Biasanya pisang jenis ini hanya dikonsumsi langsung.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.