Jamur Pangan Di Indonesia Tak Hanya Jamur Kancing dan Tiram. Cari Tahu Jenis Jamur Lainnya Disini!

"

Jamur, salah satu bahan yang banyak digunakan dalam masakan praktis yang cepat, tetapi mempunyai rasa yang lezat. Teksturnya yang lembut dan sedikit kenyal sangat disukai, tidak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Di Indonesia, sudah banyak jenis jamur yang beredar di pasaran. Antara lain, beberapa jenis jamur di bawah ini.

1. Jamur Kancing

Dikenal dengan nama jamur kancing/button dan champignon. Jamur berbentuk bulat putih, dengan diameter ukuran sedang (±4-6 cm). Bagian dagingnya cukup tebal. Aromanya tidak terlalu tajam dan rasanya gurih. Jamur kancing dapat diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari tumisan, sayur berkuah, digoreng kering, bahan tambahan schotel ataupun untuk campuran salad.

By Jamur Kancing

2. Jamur Tiram

Dikenal dengan nama jamur tiram/oyster mushroom ( Pleurotus ostreatus ). Jamur berwarna putih kecokelatan dan berbentuk pipih mirip tiram ini memiliki rasa yang gurih, tetapi aromanya tidak terlalu tajam. Ukurannya berkisar antara 5 – 25 cm. Tekstur jamur tiram agak kenyal, dengan bagian dagingnya yang sangat menyerap air. Maka, jika akan diolah menjadi keripik, jamur harus ditiriskan/dilap dengan tisu dapur hingga benar-benar kering. agar menghasilkan keripik yang kering dan renyah. Selain digoreng kering, jamur tiram dapat diolah menjadi tumisan, untuk campuran dalam Schotel, pasta dan salad.

By Jamur Tiram

3. Jamur Merang

Dikenal dengan nama jamur merang/straw mushroom ( Volvariella volvacea ). Banyak tersebar di Asia, tertuama Negara dengan iklim tropis. Ukurannya agak kecil antara 2-4 cm. Warnanya cokelat muda hingga cokelat kehitaman, dengan bagian dalam berwarna putih kecokelatan. Jamur merang dapat diolah menjadi masakan berkuah, tumisan ataupun digoreng kering menjadi keripik.

By Jamur Merang

4. Jamur Kuping

Dikenal dengan nama Jamur Kuping, Wood’s ear, Jew’s ear atau Jelly Ear mushroom ( Auricularia auricula-judae) . Jamur berwarna cokelat kehitam ini memiliki tekstur kenyal dan mudah patah. Dijual dalam bentuk segar dan kering. Jamur kuping kering harus direndam dalam air terlebih dahulu sebelum diolah agar lunak. Dapat diolah menjadi masakan berkuah, tumisan ataupun untuk isian dalam makanan ringan seperti lumpia atau spring roll.

By Jamur Kuping Segar dan Kering

5. Jamur Shiitake

Dikenal dengan nama Shiitake ( Lentinula edodes ). Jamur yang banyak tumbuh di Asia Timur ini sekarang sudah mendunia. Bagian kepala nya berwarna cokelat agak gelap dan bagian batangnya berwarna putih. Memiliki aroma yang sangat tajam dan rasa yang gurih. Shiitake dapat berbau tidak sedap bila tidak disimpan dalam lemari es, karena menjadi lembab dan bau. Dapat diolah menjadi tumisan, masakan berkuah, untuk campuran salad dan isian makanan ringan seperti Dimsum.

By Shiitake

6. Jamur Enoki

Dikenal dengan nama Enokitake atau Enoki ( Flammulina velutipes ). Jamur berwarna putih dengan bentuk seperti korek api panjang ini, tidak berbau tajam dan teksturnya sedikit kenyal. Enoki mudah sekali lunak jika terkena air/minyak panas, oleh karena itu masukkan enoki pada urutan terakhir memasak. Enoki dapat diolah menjadi masakan berkuah, tumisan, bahan untuk BBQ dan salad ataupun untuk isian spring roll.

By Enoki

7. Jamur Shimeji

Dikenal dengan nama Shimeji, Buna-shimeji, Beech mushroom atau Brown Beech mushroom ( Hypsizygus tessellatus ) karena banyak tumbuh di pohon Beech. Selain yang berwarna cokelat, ada juga shimeji berwarna putih. Yaitu Bunapi-shimeji atau White Beech mushroom. Jamur berukuran kecil, dengan kepala bulat dan batang yang agak panjang. Shimeji sekilas mirip dengan enoki, tetapi berukuran lebih besar. Shimeji dapat diolah menjadi BBQ, tumisan, masakan berkuah ataupun grill salad.

By Brown Shimeji dan White Shimeji

8. Jamur Portobello

Dikenal dengan nama Portobello ( Agaricus bisporus ). Merupakan bentuk dewasa dari Jamur Kancing/Button mushroom. Ukurannya yang besar bisa mencapai 12 cm. Warnanya lebih gelap daripada Jamur Kancing. Teksturnya pun lebih padat dan lebih kenyal. Portobello dapat diolah menjadi tumisan, sayuran berkuah, diisi dan dipanggang, ataupun sebagai pengganti daging burger untuk Hidangan Vegetarian.

By Portobello

9. Jamur Eryngii

Dikenal dengan nama Eryngii ( Pleurotus eryngii ), King Oyster mushroom, King Trumpet mushroom, atau French Horn mushroom. Merupakan Jamur dengan ukuran paling besar dari keluarga Jamur Tiram/Oyster mushroom. Bagian batangnya lebih besar daripada bagian kepalanya, sehingga ‘daging’ terdapat di bagian batang. Tidak seperti jamur pada umumnya. Warna kepalanya cokelat, sedangkan batangnya berwarna putih. Eryngii dapat diolah menjadi BBQ, ditumis ataupun masakan berkuah seperti Shabu-shabu.

By Eryngii

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.