Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kamu penggemar coklat? Wajib baca beberapa fakta berikut

"

Ragam variasinya, rasanya yang lezat, dan fleksibilitasnya saat digunakan dalam masakan, membuat coklat bak primadona dalam dunia kuliner. Olahannya dalam beragam bentuk, seperti truffle , pralines , chocolate bar , cake , hingga cookies , selalu menjadi camilan favorit lintas usia.

Kamu penggemar coklat? Kira-kira sudah tahu belum tentang beberapa fakta berikut seputar dunia coklat? Simak sedikit fakta menarik seputar si manis lezat ini yah.

1/ Pohon cacao merupakan jenis pohon buah yang memiliki nama latin Theobroma Cacao dan mengandung arti “ Foods of the Gods ”.

2/ Jika buah cacao dibuka, kamu bisa menemukan biji cacao yang terselimuti dengan lapisan putih. Lapisan ini dikenal sebagai daging buah dan memiliki rasa manis.

3/ Coklat sendiri merupakan hasil dari biji buah cacao yang telah dikeringkan, difermentasi, dan dipanggang. Biji cacao sendiri memiliki rasa pahit dengan sentuhan aroma nutty (seperti kacang).

4/ Bangsa Maya di Amerika Tengah dipercaya sebagai orang yang pertama kali menemukan buah cacao (900 SM). Mereka menemukan biji di dalam buah cacao bisa dipanen dan diolah menjadi cairan yang lezat.

5/ Hasil olahan biji cacao yang dulu disantap oleh bangsa Maya hanya berupa minuman. Biji cacao dihancurkan, kemudian ditambahkan air dan sedikit cabai. Rasanya pahit karena pada zaman tersebut Amerika Tengah belum memiliki gula. Karena rasanya yang pahit bangsa Maya menyebut hidangan ini sebagai ‘ Xocolatl’ ( bitter water ).

6/ Seorang celebrity chef ternama asal Inggris, Heston Blumenthal , memberikan tip untuk menambahkan sedikit garam pada dark chocolate yang umumnya memiliki rasa pahit cukup pekat. Penambahan garam ini mampu meningkatkan kadar manis ketika coklat dikonsumsi.

7/ Akhir tahun 2017 lalu, sebuah produsen coklat besar asal Swiss, Barry Callebaut, mengumumkan jenis coklat keempat dan dikenal sebagai ruby chocolate. Berbeda dengan tiga jenis coklat lainnya, ruby chocolate memiliki warna asli merah jambu. Coklat ini diolah menjadi sajian Ruby Chocolate Strawberries and Cream , dan tersaji dalam acara Oscar.

8/ Pantai Gading di Afrika Barat menjadi daerah penghasil cacao terbesar di dunia. Perusahaan coklat besar, seperti Nestle dan Cadbury, kebanyakan mendapatkan pasokan biji cacaonya dari daerah ini.

9/ Mengkonsumsi coklat dapat merangsang peningkatan hormon dopamin dan serotinin (hormon kebahagiaan). Sebenarnya kedua hormon ini dapat diproduksi secara alami oleh otak, namun kandungan phenylethylamine dalam coklat dapat merangsang otak dalam pembentukan hormon ini. Yang tadinya bad mood , jadi semangat lagi!

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.