8 Tips Agar Ayam Bakar Bercita Rasa Sempurna!
8 Tips Agar Ayam Bakar Bercita Rasa Sempurna!

Membuat ayam bakar dengan cita rasa sempurna perlu trik khusus!

Memanggang ayam bakar untuk barbeque bisa jadi kacau jika ENDEUSiast memasaknya dengan cara yang salah. Pelajari 8 trik yang benar berikut ini, yuk!

Ayam bakar bisa menjadi santapan yang lezat ketika ENDEUSiast ingin mengadakan acara outdoor seperti barbeque. Apalagi untuk acara barbeque besar dan makan malam sederhana dengan budget sedang.

Meskipun kelihatannya mudah, namun ada beberapa tips yang perlu diingat ketika ENDEUSiast ingin menghasilkan ayam bakar sempurna setiap saat!

1.

Pilih Potongan Ayam yang Tepat

Hal pertama yang harus dipikirkan ketika memanggang ayam adalah potongan untuk dipilih. Apakah Anda punya banyak waktu untuk memanggang potongan tersebut?

Ingat bahwa semakin besar potongan ayam, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak. Kalau ENDEUSiast ingin menyajikan ayam dengan cepat dan singkat, ENDEUSiast bisa memotong dagingnya saja dan menjadikan bentuk sate.

1.

Tumbuk Ayam Terlebih Dahulu

Bentuk ayam yang tidak rata membuatnya sulit untuk dipanggang, tetapi dengan hanya menghabiskan beberapa menit menumbuk ujung yang lebih tebal agar jadi lebih tipis, ENDEUSiast akan mengurangi waktu memasak dan berakhir dengan daging yang dimasak lebih merata.

1.

Buat Daging Datar Dipanggangan

Memanggang ayam utuh tentu mengesankan, tetapi ayam utuh membutuhkan waktu lama untuk memasak, dan perlu beberapa latihan untuk mengukirnya dengan baik. Potong tulang punggung sehingga ayam bisa berbentuk datar dan rata di panggangn.

1.

Bumbui Daging Sebelum Dipanggang

Bagian terbaik dari memanggang adalah melemparkannya ke atas panggangan dan bersantai dengan minuman sambil memasak. Luangkan sedikit waktu ekstra untuk menambahkan rasa ke dalam ayam sebelum dipanggang sehingga ENDEUSiast bisa melewatkan pengolesan dan tidak perlu melakukan banyak pekerjaan tambahan. Hasil akhir rasanya akan tetap luar biasa.

1.

Siapkan Alat Panggangan

Seperti alat dapur lainnya, panggangan perlu dirawat, dibersihkan, dan disiapkan agar bekerja dengan baik dan efisien. Jika Anda ingin ayam bakar yang besar, pastikan Anda memiliki cukup bahan bakar, dan oleskan sedikit minyak goreng ke tempat grill tepat sebelum memasak sehingga ayam tidak lengket.

1.

Jangan Gunakan Api Besar

Ayam bukanlah steak atau burger, karena ayam perlu dimasak dengan matang tetapi kulitnya tidak terbakar. Sebaiknya masak dalam api sedang

1.

Tutupi Panggangan

Salah satu kesalahan terbesar adalah tidak menutupi makanan ketika memanggang. Bukan hanya kehilangan banyak panas dengan panggangan terbuka dan bahan bakarnya, tetapi makanan jadi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Panggangan tertutup menciptakan keadaan seperti oven yang panasnya merata.

1.

Lumuri Saus Setiap 15 Menit

ENDEUSiast tidak perlu menyikat saus sampai akhir karena itu bisa membuat ayam terbakar parah. Mulai olesi sekitar 15 menit sebelum ayam matang, dan olesi seluruhnya. Balikkan ayam beberapa kali, sehingga setiap lapisan punya waktu untuk matang dan bumbu menempel pada ayam.

Mudah bukan tipsnya? Kalau begitu, langsung praktekan saja. Selamat barbequean !

Endeustorial

Ikuti Instagram