Punya wajan anti lengket di rumah? ENDEUSiast perlu perhatikan hal-hal berikut agar usia wajan ENDEUSiast tahan lama.

Marc Gregoire, seorang insinyur dari Perancis membuat penggorengan pertama yang dilapisi dengan anti lengket pada tahun 1954. Penggorengan ini dikenal dengan merk TEFAL. Pada tahun 1961 Marion A. Trozzolo mulai memasarkan penggorengan pertama dengan lapisan anti lengket The Happy Pan di Amerika Serikat.

Wajan anti lengket digunakan sejak tahun 1940 untuk berbagai tujuan. Hal ini dikarenakan sifat wajan yang stabil terhadap bahan kimia lain serta dapat menghasilkan permukaan yang anti gores.

Di Indonesia penggunaan wajan anti lengket sudah sangat tinggi. Namun kesadaran masyarakat tentang bahaya penggunaan anti lengket di Indonesia masih kurang. Wajan anti lengket berbahaya karena anti lengketnya mudah tergores dan terkelupas. Lapisan yang terkelupas ini apabila tercampur pada makanan sangat berbahaya. Oleh karena itu lapisan anti lengket mengandung beberapa logam berbahaya seperti merkuri dan zat POFA yang bersifat karsinogen. Penggunaan lapisan anti lengket yang terkelupas sering tidak kita sadari

Perhatikan cara perawatan teflon agar lebih awet dan aman untuk digunakan sehari-hari di bawah ini:

1/ Hindari Penggunaan Alat Memasak Berbahan Logam

Jangan pernah gunakan spatula berbahan logam , sebaiknya gunakan spatula atau pengaduk yang terbuat dari kayu halus untuk menghindari goresan pada lapisan anti lengket.

2/ Perhatikan Api

Sebaiknya memasak menggunakan api kecil atau sedang, karena ternyata peralatan masak berbahan anti lengket ini dirancang hanya untuk memasak pada suhu panas rendah hingga sedang.

3/ Hindari Asam

Hindari memasak makanan yang mengandung asam seperti tomat dan lemon. Asam yang terkandung pada makanan akan mengelupas lapisan anti lengket lebih cepat.

4/ Hindari Mengguyurnya Saat Panas

Jika suhu wajan anti lengket masih panas jangan buru-buru menyiramnya dengan air. Sebaiknya didiamkan hingga dingin baru kemudian dicuci sampai bersih.

5/ Gunakan Spons

Selalu gunakan sabun pencuci piring dan spon pencuci piring yang lembut agar tidak menimbulkan goresan pada lapisan anti lengket.

6/ Hindari Merendam Dalam Air

Hindari merendam dengan air sabun karena memungkinkan lapisan anti lengketnya untuk menyerap aroma dan rasa sabun tersebut.

7/ Hindari Menumpuk Wajan Dengan Alat Masak Lain

Hindari menumpuk alat masak berbahan wajan anti lengket dengan peralatan masak lainnya yang terbuat dari logam agar terhindar dari kemungkinan tergores. Cukup dengan menggantung wajan agar lebih aman.

8/ Ganti Wajan Yang Sudah Bergores

Ganti wajan anti lengket yang sudah penuh goresan. Jangan menggunakan alat masak berbahan teflon yang sudah banyak goresan. Goresan pada lapisan anti lengket beresiko serpihan anti lengket yang mengelupas tercampur dan masuk ke dalam makanan yang sedang dimasak.

Siap memasak makanan unik dengan wajan anti lengket untuk menghadirkan sajian-sajian spesial? Jangan lupa rawat selalu peralatan dapur di rumah ENDEUSiast supaya tidak cepat rusak. Ada baiknya jika memakai peralatan masak yang food grade , yang aman bagi kesehatan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.