Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Disantap saat hari istimewa atau perayaan agama. Intip yuk, ragam makanan bergula khas India.

India terkenal di manca negara salah satunya karena kulinernya, terutama kuliner manis menggunakan gula. Camilan berupa manisan tidak lepas dari hidup orang India, bahkan pada perayaannya. Ada banyak manisan gula, namun beberapa di bawah ini wajib ada saat pesta pernikahan, hari raya keagamaan, ataupun Deepavali. Simak daftar dibawah ini, ya!

1/ Ladoo

Makanan ini bertekstur kenyal, lembut, dan ketika masuk mulut akan lumer. Bentuknya yang bulat seperti onde-onde dan menggemaskan, serta rasa manis dari adonan beserta saus atau topping , membuat orang ingin mencecapnya. Biasa disajikan dengan kuah gula kental atau diberi taburan kacang pistachio di atasnya sebagai topping .

2/ Motichoor Ladoo

Ya, ini juga jenis ladoo namun agak berbeda karena menggunakan boondi yaitu campuran tepung besan- sejenis polong-polongan, cincangan chickpeas, kentang dan rempah-rempah. Membutuhkan waktu lama untuk membuat karena harus didiamkan semalaman supaya aroma ketika digoreng keluar. Saat disajikan biasa ditambah serutan kayu manis atau almond cincang.

3/ Jalebi

Jalebi terbuat dari tepung maida, sejenis tepung kue yang terbuat dari gandum. Adonannya ditambahkan yoghurt atau ghee disebut juga mentega khas India, baking soda, tepung jagung. Warnanya jingga berkat penambahan saffron. Dicetak seperti spiral datar yang digoreng minyak sedikit. Saat baru matang Jalebi langsung direndam dengan sirup gula. Teksturnya renyah dan manis jadi camilan populer berbagai kalangan.

4/ Gulab Jamun

Gulab Jamun wajib hadir sebagai mithai atau manisan dalam kotak di setiap pesta pernikahan. Terbuat dari susu segar yang dihangatkan untuk menguapkan kadar air sehingga yang tersisa hanya khoya atau kepala susu. Dilanjutkan dengan proses mengadon dengan tambahan rempah seperti kapulaga dan kacang almond. Setelah digoreng adonan bola ini harus direndam dengan sirup gula atau sirup mawar semalaman. Proses membuatnya lama dengan rasa manis dan tekstur yang langsung lumer dimulut menjadikan Gulab Jamun istimewa. Namun ingat jangan terlalu banyak gula ya!

5/ Kalakand

Terbuat dari susu manis yang dievaporasi lalu dipadatkan. Adonannya dicampur dengan paneer keju segar yang tidak melalui proses aging atau penuaan. Kedua bahan tersebut dicampur dengan rempah serta kacang almond. Disajikan dalam bentuk potongan persegi kecil. Biasanya disajikan saat pesta sebagai dessert . Ketika masuk mulut, rasanya manis, lembut. dan gurih secara bersamaan.

6/ Ras Malai

Terbuat dari whole milk atau susu dengan lemak tinggi. Saat dimasak susu ditambahkan air perasan jeruk lemon sehingga membentuk gumpalan kecil. Bahan ini disaring dan dibuang kandungan airnya menjadi adonan seperti keju ricotta . Gumpalan ini dibentuk menjadi bola kemudian direbus kembali dengan susu. Setelah mencapai tekstur yang diinginkan, yakni lembut dan mudah pecah di mulut, Ras Malai diangkat. Susu sisa rebusan ditambahkan saffron dan kapulaga manis hingga mengental. Susu kental ini disiramkan kembali atas Ras Malai saat dihidangkan.

7/ Balushahi

Balushahi dikenal sebagai donat a la India, uniknya bagian selatan India manisan ini disebut Badusha. Bedanya dengan donat yang kita kenal Balushahi bagian permukaannya bertekstur renyah, namun padat dan rapuh di dalam. Proses pembuatan dimulai dari mengocok ghee kemudian dicampur dahi (yoghurt). Tambahkan tepung maida , aduk rata lalu goreng dengan ghee . Saat matang dan panas rendam dalam sirup gula yang telah ditambahkan kapulaga dan saffron .

8/ Peda

Menggunakan bahan dasar yang sama dengan Gulab Jamun yakni khoya . Khoya dimasak bersamaan kapulaga dan gula hingga meleleh. Saat suhunya suam-suam kuku adonan yang memadat bisa dibentuk bola dan dicetak sesuai selera. Tinggal diberi sentuhan kacang almond atau pistachio pada permukaan atas. Di India memiliki beragam variasi rasa seperti sirup gula saffron dan mawar, keduanya sama lezatnya.

Kelihatannya sedap bukan? Beberapa manisan ini bisa dibeli di online shop sehingga ENDEUSiast tidak perlu jauh-jauh ke India. Namun ingat, kadar gula manisan-manisan ini tinggi, tidak disarankan bagi yang sedang diet gula.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.