8 Makanan dan minuman untuk mengurangi emosi
8 Makanan dan minuman untuk mengurangi emosi

Sering marah-marah dan emosian? Coba deh konsumsi ini agar emosimu segera mereda.

Emosi memang kadang sulit untuk dikontrol. Apalagi untuk diredam. Ketika kekesalan sudah “mengambil alih” fikiran kita, apapun bisa kita lakukan meski hal-hal bodoh yang merugikan. Seperti belakangan ini beredar video pria yang ditilang polisi karena ia memang jelas salah, tetapi malah ngamuk dengan merusak motornya sendiri.

Emosi seperti ini memang kadang sulit untuk dikendalikan dengan akal sehat. Tetapi ada yang bisa kita lakukan agar emosi cepat mereda. Yaitu dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman seperti yang akan kami bagikan berikut ini:

1. Cokelat

Pernah merasa lebih tenang ketika habis mengonsumsi cokelat? Sudah bukan rahasia lagi kalau cokelat bisa membuat kita senang sehabis mengonsumsinya. Karena salah satu kandungan yang dipunyai oleh cokelat adalah serotonin. Untuk yang belum tau, serotonin adalah hormon yang dapat memberikan efek senang dan tenang.

2. Yoghurt

Seperti halnya cokelat, yoghurt juga memiliki kandungan serotonin. Selain baik untuk meredakan emosi, mengonsumsi yoghurt juga bisa melancarkan pencernaan. Pilihlah yoghurt dengan rasa favoritmu supaya enak mengonsumsinya.

3. Pisang

Siapa yang tidak suka buah berwarna kuning yang satu ini? Pisang memiliki kandungan dopamin yang bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik lagi.

4. Kopi

Sekarang menemukan kopi sudah tidak terlalu sulit. Karena belakangan ini banyak sekali kedai kopi yang bisa menjadikan pilihan. Desain interior yang unik nan Instagramable (bagus untuk foto-foto dan dipamerkan di media sosial. red) juga dengan berbagai pilihan kopi.

Ketika meminum kopi akan menimbulkan neuron baru di otak yang nantinya bisa meredakan emosi atau amarah.

5. Semangka

Buah yang memiliki kandungan air terbanyak ini juga bisa menurunkan emosi loh. Segarnya buah dengan warna merah dan berbiji hitam ini siapa sangka ternyata bisa membuat kita tenang setelah menikmatinya.

6. Ayam

Ayam juga merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan kembali mood kita loh, dengan kandungan asam aminio yang terkandung di dalamnya.

7. Teh

Teh mengandung anti-oksidan, sehingga ketika kita meminumnya badan bisa menjadi lebih rileks lagi dari sebelumnya.

8. Biji-bijian

Biji-bijian banyak mengandung vitamin E dan vitamin B yang bisa membuat kita meredam emosi ketika melanda.

Lion Haloho