Bulet-bulet segar, buah jeruk banyak rupa dan macamnya

"

alah satu buah yang paling banyak dihidangkan untuk jamuan tahun baru imlek, jeruk memiliki banyak jenis. Nenek moyang buah jeruk atau jenis citrus banyak tersebar di sekitar dataran subur pegunungan Himalaya dan Tiongkok. Kini menyebar di seluruh dunia, bahkan menghasilkan varietas khusus dari beberapa daerah penghasilnya. Berikut 8 macam jeruk manis.

Navel Orange

Jeruk ini diberi nama karena memiliki ciri khusus pada bagian ujung bulatannya yang seperti pusar perut manusia. Jeruk ini hasil dari mutasi sebuah pohon jeruk dari dua jenis jeruk yang berbeda di Brasil. Karena tidak berbiji, petani biasanya membudidayakan dengan teknik cangkok dan okulasi. Produksi varietas ini sudah dilakukan sejak 200 tahun lalu . Salah satu varietas terpopuler yang berbuah sepanjang musim.

Blood Orange

Warna daging jingga dengan semburat warna merah darah, atau terkadang memiliki warna merah darah mendominasi. Rasanya manis dan sedikit getir, sangat juicy bila digigit. Sering dijumpai untuk konsumsi salad atau hiasan untuk kue.

Cara-Cara

Pertama kali dibudidayakan di Hacienda Cara Cara Venezuela tahun 1976. Hasil mutasi alami dari buah jeruk Navel, sehingga disebut juga Cara Cara Navel. Bedanya buahnya bisa berkulit hijau dengan daging jingga sedikit merah muda. Rasanya lebih manis daripada jeruk navel. Sehingga cocok untuk minuman, dressing , dan masakan gurih.

Kumquat

Jeruk sebesar buah jeruk ini sudah lama tumbuh di dataran Tiongkok dan Asia Tenggara. Kulitnya sangat tipis dan manis sehingga bisa langsung dimakan utuh. Biasanya disajikan juga sebagai pendamping hidangan gurih, atau hiasan kue.

Clementine

Mungkin ada diantara kita akrab dengan lagu Oh My Darling Clementine, menjadi inspirasi penamaan jenis jeruk. Jeruk populer di Amerika Serikat untuk konsumsi anak sekolah. Di sana sering menyebut jenis jeruk ini sebagai ‘cuties’ atau imut. Kulitnya lembut dan umumnya tidak berbiji, rasanya sangat manis.

Calamondin

Disebut juga kalamasi atau jeruk kunci. Jenis yang banyak tumbuh di Sumatera, Kalimantan, dan sebagian Indonesia timur. Di Kalimantan selain untuk masakan digunakan juga sebagai minuman jeruk peras. Cocok dikawinkan dengan minuman lidah buaya.

Tangerine

Ukurannya lebih kecil daripada jeruk navel dan mengandung vitamin c tertinggi diantara semua jenis jeruk. Kulitnya lembut dan manis sehingga bisa dikonsumsi langsung, atau dicelupkan ke cokelat dahulu. Jenis ini juga baik bagi kesehatan kulit agar lebih awet muda.

Grapefruit

Ditemukan di Barbados pada sekitar tahun 1750-an, Texas dan California menjadi produsen utama di dunia. Ukurannya sedikit lebih besar daripada jeruk Navel, rasa mirip jeruk bali dan lebih juicy. Biasanya dinikmati sebagai jus atau salad. Terkadang ada sedikit jejak rasa getir sehingga sering dinikmati dengan taburan sedikit gula.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.