Cara memasak berikut perlu diketahui bagi yang baru terjun ke dapur. Yuk, langsung simak!

Memasak memang pekerjaan yang gampang-gampang susah, apalagi bagi pemula. Kadang, ada orang yang memang terberkati sejak awal dengan kemampuan mengolah makanan , namun ada pula beberapa yang memerlukan usaha agar sampai pada taraf ‘baik’. Menonton video dengan segala tekniknya seolah tidak cukup ketika masuk pada tahap praktek. Kadang masakan menjadi bencana karena kurang matang atau malah gosong.

Kalau ENDEUSiast pernah berada dalam keadaan tersebut, bahkan hingga sekarang, maka step di bawah bisa ENDEUSiast coba selami. Siapa tahu, selama ENDEUSiast melakukan proses memasak ada langkah salah yang membuat masakan jadi gagal. Simak yuk!

1/ Baca Resep Secara Menyeluruh

Rasa tidak sabar untuk segera mencoba membuat resep tidak dibaca menyeluruh sampai akhir. Padahal, membaca sampai akhir itu penting karena bisa saja ada instruksi atau teknik yang tersembunyi seperti side note yang ditaruh di ujung buku. Ia berisi soal informasi tambahan untuk pengetahuan memasak. Jadi jangan dilewati ketika membaca ya.

2/ Persiapkan Bahan dan Alat Sebelumnya

Memasak adalah kegiatan yang memerlukan persiapan baik dari bahan maupun alat. Bila tidak dipersiapkan dari awal, masakanmu bisa tidak maksimal. Misalnya saat sayur belum dipotong, sementara ENDEUSiast sedang menumis bawang, ini akan menyebabkan kebingungan bagi diri sendiri dan hasil tumis bisa jadi gosong. Selain bahan, bumbu kecil jangan lupa distok. Maka itu, siapkan segalanya sebelum memasak.

3/ Beli dan Simpan Bahan dengan Hati-hati

Bahan yang higienis akan menghasilkan masakan yang sehat, maka itu memilihnya harus jeli. Bila menyetok bahan untuk seminggu, maka yang harus dilakukan adalah merawat dan menyimpannya secara hati-hati.

4/ Jangan Tinggalkan Masakan

Memasak kadang terasa membosankan, apalagi jika harus menunggu hidangan matang. Namun ingat, jangan meninggalkan masakan selagi api masih menyala dan proses masih berjalan. Masakan bisa jadi terlalu matang jika ENDEUSiast lupa dan tentunya gagal.

5/ Gunakan Serba-Serbi Seragam Memasak

Menggunakan apron atau celemek bisa menghindarkan baju dan kulit dari cipratan minyak. Bukan hanya apron, sarung tangan kain untuk mengangkat atau memindahkan alat panas juga diperlukan.

6/ Kenali Jenis Bumbu

Sebelum memasak, pastikan ENDEUSiast sudah tahu bedanya garam dengan gula, kunyit dengan jahe, maka sebaiknya luangkan waktu untuk mempelajari hal-hal tersebut. Baca-bacalah soal mana bumbu yang paling sering dipakai, nutrisi, serta gunanya dalam memasak.

7/ Sabar

Memasak butuh kesabaran dan tidak boleh tergesa-gesa. Menyegerakan step-step padahal belum waktunya bisa membuat masakan tidak sempurna.

8/ Jangan Terlalu Banyak Improvisasi

Ingat bahwa ENDEUSiast ini pemula, maka, ikuti resep dasar dengan baik dan benar. Dibandingkan dengan ‘neko-neko’ dan membuat improvisasi, lebih baik gunakan resep yang telah tercantum dan dibaca sebelumnya. Karena banyak berimprovisasi, ENDEUSiast malah bisa merusak hidangan dan terpaksa membuatnya dari awal. Tidak mau bukan?

Langkah ini adalah langkah cara memasak yang perlu diketahui para pemula. Untuk sampai tahap makanan memuaskan, tentu butuh usaha besar, oleh karenanya teknik di atas tadi akan membantu proses masakmu jauh lebih simpel.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.