8 Dessert Es Lokal Inspirasi Pesta
8 Dessert Es Lokal Inspirasi Pesta

8 Dessert Es Lokal Inspirasi Pesta

Dessert identik dengan hidangan barat, namun sebenarnya Indonesia juga memiliki dessert khas dingin nan nikmat

ENDEUSiast mungkin tidak asing dengan es buah, es campur, dan es yang lain, ini merupakan hidangan penutup yang termasuk dessert karena pas dimakan setelah makanan utama. Jika ENDEUSiast membutuhkan inspirasi jenis dessert es untuk acaramu, coba gunakan saja datar di bawah ini.

ENDEUSiast bisa membuatnya untuk berbagai acara, salah satunya reunian dengan teman. Rasanya yang segar, akan mencairkan suasana reuni dengan teman lama. Pasti asyik banget deh.

1/ Es Cendol Dawet

Cendol Dawet merupakan minuman dingin nan manis yang terdiri dari air gula jawa, santan, es dan cendol. Cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang bentuk layaknya pil kapsul, ia kemudian diberi warna hijau dan dicetak dengan saringan khusus.

2/ Es Teler

Bisa dibilang es teler ini merupakan ‘koktail buah’ nya Indonesia. ada beragam buah di dalam es ini: Alpukat, nangka, kelapa muda, dan buah-buahan lainnya disajikan dengan cincau, santan, susu kental manis, sirup pandan, gula, dan sejumput garam.

3/ Es Kuwut

Kalau ENDEUSiast belum pernah mendengarnya, Es Kuwut berasal dari Bali yang berarti es kelapa. Selain kelapa, ada melon, selasih, dan jeruk nipis. Tentunya segar banget untuk menu reunian ENDEUSiast!

4/ Es Cincau

Cincau sendiri adalah agar-agar dari hasil rendaman daun cincau dalam air. Es ini selain menyegarkan, juga memiliki manfaat dan khasiat untuk tubuh. Biasanya cincau yang dipotong kecil akan ditambah sirup atau gula jawa cair, santan (atau susu) dan es serut.

5/ Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo berasal dari Sulawesi Selatan, terutama Makasar. Ia terbuat dari pisang ijo yang merupakan pisang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan dimasak dengan mengukus. Warna hijau dari adonan tepung berasal dari pewarna makanan hijau atau air daun suji dan air daun pandan.

6/ Es Campur

Es Campur adalah es yang dibuat dengan mencampurkan berbagai jenis bahan dalam sirup manis. Beberapa diantaranya adalah cendol, Buah Alpukat, Buah Nangka, Buah Nanas, Roti, Kolang-kaling, dan Cincau Hitam. Enak banget.

7/ Es Doger

Es Doger memiliki kekhasan warna pink cerah yang imut dan lucu. Ia berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Untuk membuatnya, bahan yang digunakan adalah tape dan buah-buahan segar.

8/ Es Buah

Dikenal juga dengan nama sop buah, es ini terdiri dari berbagai campuran buah dalam satu mangkuk. Buah ini ditambahkan pemanis yaitu sirup atau gula cair. Ia kemudian diberi es dan ditambahkan susu kental manis. Nangka, semangka, mangga, dan pisang, bisa ENDEUSiast gunakan untuk membuatnya.

Masih banyak lagi dessert es yang Indonesia punya, namun di atas adalah dessert universal yang pasti semua orang suka, jadi ENDEUSiast tidak perlu takut salah satu temanmu tidak menyukainya. Nah, mau bikin yang mana nih?

Endeustorial

Ikuti Instagram