Sambut tahun baru dengan memakan 8 buah pembawa hoki berikut.

"

Menyantap buah untuk mendapat keberuntungan salah satu cara umum merayakan imlek. Dengan harapan keberuntungan akan banyak mewarnai hari depan. Bisa juga jadi buah tangan saat berkunjung ke rumah kerabat atau teman. Ada beberapa buah yang dikhususkan untuk dikonsumsi oleh orang dan waktu tertentu. Ada juga perpaduan buah yang memiliki makna berbeda. Simak buah pembuka tahun baru imlek berikut ini.

Jeruk

Bentuk bulat buah jeruk dan kerabatnya melambangkan kelimpahan. Dan warna jingga seperti warna emas, melambangkan kekayaan. Selain itu buah jeruk kaya vitamin c, cocok dinikmati saat musim dingin bulan Februari saat tahun baru imlek.

Nanas

Dalam bahasa hokkien disebut ong lai yang berarti kemakmuran mendatangimu. Selain itu melambangkan keberuntungan dan kekayaan. Biasanya dinikmati sebagai buah irisan atau dijadikan kue nastar.

Persik

Berdasarkan bagiannya buah persik melambangkan beberapa makna berbeda. Bunga persik melambangkan keberuntungan. Daun bunga melambangkan awet muda dan umur panjang, dan buah persik melambangkan keabadian. Pada tahun baru, cabang kayu digantung di pintu rumah untuk mengusir roh jahat.

Apel

Dalam bahasa mandarin apel disebut píng guǒ yang berarti kedamaian atau ketenangan. Sebelum Tiongkok menjadi produsen apel terbesar di dunia, apel masih diimpor dari Korea dan Jepang. Harga Apel yang mahal menjadikannya buah pembuka tahun bergengsi tinggi.

Jujube

Disebut juga kurma khas Tiongkok. Dalam bahasa mandarin huruf buah jujube 枣树 zǎo shù berarti awal. Bila digabungkan dengan buah leci menjadi harapan untuk cepat punya momongan. Bila digabungkan dengan kayu manis bisa berarti pengharapan untuk naik pangkat di pekerjaan. Buah ini banyak dijadikan persembahan di vihara dan kelenteng.

Pir

Pohon pir bisa hidup hingga 350 tahun sehingga melambangkan umur panjang. Sayangnya kata 离 lí dalam nama pir bisa berarti perpisahan, sehingga tidak disarankan untuk hadiah bagi pasangan kekasih. Buah pir memiliki khasiat baik untuk lambung sehingga cocok menjadi buah tangan bagi orang yang sedang masa penyembuhan.

Kesemek

Sama seperti jeruk yang berbentuk bulat dengan warna jingga kemerahan melambangkan kekayaan. Kesemek dalam bahasa aslinya menggunakan kata 柿 shì berarti bisnis atau usaha. Biasanya disajikan beriringan dengan jeruk yang memberi makna keberuntungan untuk usaha atau bisnis. Buah yang cocok untuk diberikan bagi konsumen maupun klien usaha.

Delima

Buah delima pertama kali dibawa dari Afganistan ke Tiongok pada masa Dinasti Han (202 SM-220). Biji delima melambangkan anak lelaki yang juga berarti kelangsungan marga keluarga. Ini merupakan buah yang cocok untuk diberikan pada pasangan yang baru menikah. Buah ini juga melambangkan kesuburan dan kelimpahan.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.