Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Cara memasak tanpa goreng juga bisa menghasilkan sajian yang menggiurkan. Beberapa cara berikut bisa ENDEUSiast coba saat memasak di rumah.

Ada banyak cara memasak selain menggoreng yang bisa ENDEUSiast gunakan saat memasak di dapur. Bagi yang sedang menjalani gaya hidup sehat sehingga merasa perlu menjauhi sajian serba goreng, beberapa cara berikut bisa menjadi inspirasi. Apa saja tekniknya?

1/ Boiling

Merebus menjadi cara termudah dalam memasak. Cukup memasukkan bahan makanan ke dalam air mendidih dan tunggu hingga matang. Saat merebus pasta atau sayuran, tambahkan sedikit garam dalam air rebusan untuk memberi rasa pada pasta dan sayuran setelah matang.

2/ Poaching

Mirip seperti boiling namun pada teknik ini bahan dimasak dengan api sedang dan perlahan. Teknik ini cocok untuk memasak telur setengah matang, atau bahan lain yang memerlukan matang di luar, juicy di dalam.

3/ Simmering

Cara memasak dengan simmering sangat berbeda dengan boiling ataupun poaching . Ini karena simmering membutuhkan waktu lama. Penantian tersebut akan terbayarkan dengan hasil akhir masakan.

Aroma kuahnya akan terasa lebih wangi dan sedap ketika dihidangkan karena sajian direbus lebih lama. Simmering biasa digunakan untuk membuat kaldu rawon dan soto.

4/ Stewing

Stewing merupakan teknik menyemur atau menyetup. Ia menggunakan cairan yang lebih kental dari air seperti susu, santan, kaldu, dan lainnya dengan bumbu yang kental hasil tumisan.

Cairan hasil stewing biasanya sangat sedikit. Dan seperti simmering , memasak menggunakan teknik stewing juga perlahan sehingga aroma dari bumbu bisa keluar dan hasil masakan jauh lebih lembut. Dalam masakan Indonesia, proses stewing biasa digunakan untuk masakan rendang .

5/ Braising

Teknik ini mirip stewing namun dengan proses yang jauh lebih lama. Daging yang akan disemur atau disetup direndam lebih dahulu selama kurang lebih 12 sampai 24 jam. Lama sekali bukan? Lamanya waktu sangat tergantung dari jenis daging yang dimasak.

Kenapa menggunakan banyak waktu? Ini agar semua bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna sehingga hasilnya masakan akan terasa kaya rasa. Setelah direndam, daging akan dipanggang di oven dan warnanya akan jadi coklat emas. Setelahnya ia akan direbus dengan sisa bahan rendaman daging sampai cairan yang ada menguap.

6/ Steaming

Bukan mengenai wajah, steaming satu ini maksudnya adalah mengukus. Tentu teknik ini cukup luas terkenal sehingga tidak perlu dijelaskan lagi. Biasanya masakan yang menggunakan steaming adalah siomay, pepes, dan bolu.

7/ Au Bain Marie

Di Indonesia, nama lain Au Bain Marie adalah ngetim layaknya membuat nasi tim. Seperti steaming , ia juga menggunakan pengukusan namun lebih rumit karena di dalam panci kukus diletakkan lagi panci berisi air yang setelahnya ditaruh dandang berisi bahan yang ingin ditim.

8/ Sautee

Menumis menjadi salah satu cara populer untuk memasak dan hanya menggunakan sedikit minyak. Memasak dengan cara ini pun tidak membutuhkan waktu lama hingga sajian matang. Cocok bagi ENDEUSiast yang sedang diburu waktu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.