Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan pasta memang kerap diolah dengan berbagai saus. Simak beberapa saus populer berikut saat ingin mengolah pasta favorit.

Pasta adalah salah satu masakan khas Italia yang paling populer di dunia. Hampir di setiap negara bisa ditemui restoran yang menjual masakan serba pasta. Pasta sendiri sebenarnya adalah makanan yang dibuat dengan campuran tepung semolina atau tepung terigu, minyak zaitun, garam, dan telur. Kemudian adonan pasta dicetak dengan berbagai ukuran dan bentuk. Pasta biasanya dimasak dengan berbagai macam saus. Kalau ENDEUSiast masih bingung dengan macam-macam olahan saus pasta, berikut ini 7 saus populer yang perlu ENDEUSiast tahu.

1/ Aglio olio

Jenis pasta aglio olio adalah saus dasar yang sifatnya non-creamy. Nama aglio olio sendiri diambil dari bahasa Italia yang mana aglio berarti bawang putih dan olio berarti minyak zaitun. Saus aglio olio ini menggunakan bumbu bawang putih, minyak zaitun, daun parsley, dan keju parmesan saja dengan dominasi rasa asin gurih.

2/ Saus Bolognese

Saus bolognese adalah salah satu saus dasar untuk pasta yang berbahan dasar pasta tomat. Saus ini berasal dari Bologna, Italia, dengan dominan rasa gurih dan sedikit asam. Ciri khas saus Bolognese adalah menggunakan campuran daging cincang didalamnya. Saus ini biasanya digunakan untuk pasta jenis spaghetti atau angel hair .

3/ Pesto

Saus pasta yang berwarna hijau adalah pesto yang dirasa paling sehat karena pembuatannya tidak melalui proses pemasakan. Warna hijau pada saus pesto ini dibuat dari daun basil segar yang dihaluskan dengan bawang putih, minyak zaitun dan keju parmesan . Saus pesto biasanya disajikan dengan pasta fusilli atau pasta penne .

4/ Carbonara

Carbonara adalah salah satu saus pasta yang sifatnya creamy dengan rasa keju yang kuat. Saus ini biasanya dibuat dari campuran krim kental, keju parmesan, bawang putih, dan kuning telur yang dimasak hingga kental. Carbonara sendiri biasanya disajikan dengan pasta jenis fettucini dan penne .

5/ Alfredo

Saus Alfredo adalah salah satu saus yang bersifat creamy , hampir mirip dengan carbonara. Bahan yang digunakan untuk saus alfredo ini adalah krim kental dan butter serta keju parmesan yang dimasak hingga meleleh. Saus ini biasanya digunakan untuk pasta berjenis fettucini , spaghetti , dan penne .

6/ Marinara

Marinara adalah salah satu saus pasta berbahan dasar tomat yang hampir mirip dengan saus Bolognese. Yang membedakan kedua saus ini adalah marinara tidak menggunakan campuran daging cincang. Biasanya saus marinara dikombinasikan dengan seafood seperti kerang, udang, dan cumi.

7/ Creamy mushroom sauce

Creamy mushroom sauce merupakan jenis saus pasta creamy lainnya. Saus ini terbuat dari krim yang dimasak dengan jamur cincang hingga mengental. Saus kemudian ditambahkan bahan lain seperti bawang putih, pasley, mentega, dan rempah aromatik lain agar rasanya lebih sedap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.