Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Es segar menjadi minuman atau dessert favorit. Berikut ini adalah 7 macam es segar yang menjadi idaman masyarakat nusantara.

Menyantap es segar menjadi favorit banyak orang. Selain sebagai dessert yang manis, minuman segar juga bisa mengenyangkan. Di Indonesia, es segar memiliki banyak variasi loh. Dari minuman di bawah ini, mana ya yang belum pernah ENDEUSiast coba?

1/ Es Pisang Ijo

ENDEUSiast tau nggak? Es Pisang Ijo berasal dari Makassar. Es segar ini banyak kita temukan di pinggir jalan saat bulan Ramadan kemarin, ya? Minuman ini unik sebab pisang yang menjadi bahan utama dibalut dengan tepung beras berwarna hijau. Endeus.tv punya resepnya loh. Coba deh cek di sini .

2/ Es Dawet

Es dawet adalah minuman khas Jawa, tepatnya Banjarnegara. Minuman ini terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan. Cita rasa yang ditawarkan dawet adalah manis dan gurih. Rasa ini didapat dari gula merah cair dan santan sebagai kuahnya. Es dawet biasa disajikan dengan es parut.

3/ Es Oyen

Es oyen mirip dengan es teler. Es oyen terbuat dari alpukat, nangka, kelapa muda, melon, dan sagu mutiara. Kuahnya terbuat dari susu kental manis, sirup, dan juga terdapat agar-agar. Bahan-bahan ini sedikit berbeda dengan Es teler. Es teler dibuat dari alpukat, nangka, kelapa, cincau, santan, daun pandan, dan susu kental manis.

4/ Es Kelapa Muda

Seperti namanya, es ini terbuat dari air kelapa dan daging kelapa yang masih muda. Es ini disebut juga dengan es degan. Es kelapa muda atau disingkat klamud, pernah masuk dalam 50 minuman terenak versi CNN pada Desember 2011. Tidak tanggung-tanggung, Es Kelapa Muda menduduki posisi ke-19.

5/ Es Podeng

Es podeng berasal dari Pulau Madura. Dalam bahasa Madura, es podeng memiliki arti es putar. Es ini disebut-sebut sebagai es krim khas nusantara. Es podeng biasanya memiliki rasa durian, alpukat, atau nangka. Isinya berupa agar-agar, buah atep, kacang tanah, dan susu kental manis. Wuih, menggoda sekali, ya?

6/ Es Cendol – Sunda

Minuman ini berasal dari Bandung. Cendol dibuat dari tepung hunkwe. Minuman ini mirip dengan es dawet karena disajikan dengan gula merah cair dan santan sehingga menghasilkan cita rasa manis dan gurih. Dilansir dari Wikipedia, istilah cendol berasal dari bahasa Sunda jendol. Hal ini merujuk pada sensasi jendolan yang dirasakan saat cendol masuk dalam mulut. Kalau ENDEUSiast suka durian, ENDEUSiast bisa menambahkannya dalam es cendolmu. Ikuti resep dari Endeus.tv di sini , ya.

7/ Es Selendang Mayang

Minuman ini berasal dari suku Betawi di Jakarta. Sayangnya, minuman ini sudah jarang ditemukan karena dianggap minuman jadul. Bahkan, minuman ini sering dilabeli “minuman Betawi jadul”. Akan tetapi, minuman ini selalu dihadirkan saat Lebaran Betawi. Selain segar, minuman ini juga mengenyangkan karena terbuat dari tepung beras.

Dari tujuh es segar khas nusantara di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.