7 Jenis Keju yang Cocok untuk Membuat Mac and Cheese, Patut Dicoba
7 Jenis Keju yang Cocok untuk Membuat Mac and Cheese, Patut Dicoba

7 Jenis Keju yang Cocok untuk Membuat Mac and Cheese, Patut Dicoba

Biar kejunya berasa, ini nih 7 jenis keju yang cocok membuat mac and cheese!

Belakangan mac and cheese menjadi salah satu makanan yang disukai anak-anak zaman now.

Pasalnya, makanan yang berasal dari negeri Paman Sam ini memiliki rasa gurih dengan tekstur creamy yang hadir di dalam setiap suapannya sesuai dengan selera anak-anak.

Mac and cheese sendiri ini sering disebut-sebut sebagai masakan termudah, soalnya dimasak hanya dengan cara merebus makaroni bersama susu dan keju saja.

Kejunya sendiri sudah memiliki rasa gurih dan asin yang enak sekali, jadi tidak perlu menambahkan bumbu lain ke dalam mac and cheese.

Rahasia mac and cheese bisa enak adalah penggunaan kejunya. Keju yang paling sering digunakan adalah jenis keju cheddar.

Keju cheddar ini merupakan keju keras yang memiliki rasa asin dan gurih. Aromanya juga tidak terlalu keras juga mudah ditemukan di mini market.

Tapi, memasak mac and cheese tak melulu harus memakai keju cheddar, kok. Ada jenis keju lain yang cocok untuk membuat mac and cheese.

Apalagi berbeda jenis keju, karateristik, rasa, tekstur sampai aromanya masing-masing berbeda. Jadi, mac and cheese yang dihasilkan akan memiliki rasa yang lebih enak lagi.

Ini dia 7 jenis keju yang cocok untuk membuat mac and cheese jadi lebih enak dan gurih!

Baca Juga: Resep Mac & Cheese Bomb

1/ Parmesan

Bebicara keju yang memiliki rasa gurih, pasti yang terlintas adalah parmesan. Keju satu ini sering dijadikan taburan di atas pasta karena rasanya yang asin dan gurih.

Keju parmesan yang kita temui di supermarket berbentuk parutan. Supaya tidak menempel satu sama lain, biasanya keju ini didiberi sedikit tepung atau pati jagung.

Padahal, aslinya keju ini berbentuk bongkahan karena termasuk keju keras. Karena rasa keju parmesan yang gurih, bisa langsung kita campur di saat proses memasak mac and cheese.

2/ Gouda

Keju selanjutnya yang bisa kita gunakan dalam mac and cheese adalah keju gouda. Di pasaran dijual dua jenis keju gouda, yakni gouda muda yang berwarna kuning tua dan gouda tua.

Gouda muda memiliki rasa yang lebih gurih, sedangkan gouda tua rasanya pahit tajam tapi lebih creamy. Di Amerika Serikat sendiri, keju gouda ini jarang digunakan untuk mac and cheese.

Padahal, keju gouda yang termasuk keju keras ini bisa meleleh dan meningkatkan tekstur creamy yang membuat mac and cheese jadi lebih enak lagi. Rasanya gurih, aromanya harum dan bisa meleleh juga.

Baca Juga: Resep Macaroni Schotel Tuna Kukus

3/ Cream Cheese

Cream cheese biasanya digunakan untuk membuat dessert. Tetapi, cream cheese juga bisa digunakan untuk mac and cheese, lho.

Seperti namanya, keju satu ini bertekstur krim sehingga langsung meleleh saat dimasak. Penggunaan cream cheese ini juga akan memberikan rasa yang lebih enak jika dimasak dalam waktu lama.

Tak hanya ada rasa gurih, cream cheese ini juga memberikan rasa sedikit asam sehingga membuat mac and cheese ini menjadi eneg.

4/ Sharp Cheddar

Untuk penggunaan keju yang paling enak untuk mac and cheese jatuh pada jenis cheddar sharp.

Keju ini sering digunakan dalam memasak mac and cheese karena titik lelehnya yang cukup rendah sehingga teksturnya tetap halus.

Penggunaan keju sharp cheddar ini juga mengeluarkan rasa asli pada makanan khas Amerika Serikat ini.

Rasa cheddar sharp ini paling kuat, gurih, dan creamy. Baiknya beli keju cheddar sharp ini dalam bentuk balok dan baiknya diparut sendiri.

Keju cheddar sharp ini akan lebih enak diparut sendiri dan lebih bagus melelehnya.

Baca Juga: Resep Penne Carbonara yang Bumbunya Creamy dan Lezat

5/ Gruyere

Sama seperti gouda, gruyere ini merupakan keju keras yang meleleh saat dimasak. Apalagi keju asal Swiss ini disebut-sebut sebagai keju terbaik di dunia.

Keju keras ini memiliki rasa yang gurih, asin dan aromanya juga enak sekali.Jadi saat dimasak menjadi mac and cheese rasanya jadi makin nikmat.

6/ Brie

Selain keju keras, keju lembut pun bisa digunakan untuk memasak mac and cheese. Salah satu keju lembut yang bisa digunakan adalah keju brie.

Keju yang berwarna putih mengkilap ini teksturny sangat lembut bahkan cukup diambil dengan pisau oles saja pun bisa.

Sebelum digunakan, jangan lupa untuk mengupas bagian kulit luarnya dan gunakan bagian dalamnya.

Rasa keju brie sendiri sedikit manis, tapi teksturnya yang lembut membuat rasa mac and cheese jadi lebih smooth di mulut.

Baca Juga: Resep Cauliflower Mac and Cheese

7/ Goat Cheese

Keju terakhir yang cocok digunakan untuk membuat mac and cheese adalah goat cheese. Seperti namanya, goat cheese ini dibuat dengan menggunakan susu domba atau kambing.

Aroma dan rasa goat cheese ini memang tajam dan lebih kental. Tapi, saat dipadu dengan susu, rasa goat cheese ini jadi lebih enak lagi.

Kira-kira, jenis keju mana yang mau ENDEUSiast coba untuk membuat mac and cheese di rumah?

Dina Syahrani Vionetta