Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Dapur barat juga memiliki istilah tersendiri dalam kegiatan dapurnya. Yuk, ketahui beberapa istilah populernya.

Dalam masakan barat, ada beberapa istilihat yang digunakan untuk menjelaskan suatu proses atau step memasak. Dibanding dengan masakan Asia, masakan barat memang mempunyai teknik memasak yang berbeda dan biasanya dijadikan acuan untuk masakan dari negara lain. Berikut ini beberapa istilah populer dalam masakan barat.

1/ Aceto balsamic

Aceto balsamic biasanya juga dikenal sebagai cuka balsamic. Cuka ini dibuat dari konsentrat wine atau anggur dan disimpan dalam kurun waktu 10 tahun atau lebih. Cuka balsamic ini biasanya dibuat di Modena, Italia. Aceto balsamic biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu marinasi daging.

2/ Al dente

Al dente adalah istilah dalam bahasa Italia yang merupakan titik kematangan yang tepat untuk nasi atau pasta. Dalam tingkat al denta, nasi atau pasta mempunyai tekstur yang pas, tidak terlalu lembek atau keras.

3/ Au gratin

Au gratin adalah salah satu metode pengolahan bahan makanan yang ditaburi dengan parutan keju atau diberi saus béchamel. Masakan tersebut kemudian diberi mentega dan ditaburi dengan tepung roti. Setelah itu masakan dipanggang dalam oven hingga kuning keemasan.

4/ Au bain marie

Au bain marie adalah salah satu metode dalam memanggang cake dimana Loyang utama cake dimasukkan dalam Loyang yang lebih besar yang berisi air panas. Cara memanggang ini membuat hasil cake yang moist dan tidak kasar.

5/ Blanch

Blanch adalah salah satu proses mencelupkan buah atau sayuran ke dalam air mendidih dengan waktu yang sangat cepat. Tujuan proses ini adalah untuk memudahkan atau melembutkan kulit dari buah tanpa melarutkan vitamin dalam makanan tersebut.

6/ Bouquet garni

Dalam bahasa Perancis, bouquet garni adalah campuran rempah-rempah yang diikat menjadi satu. Misalnya untuk pembuatan kaldu, sup, dan masakan lain sehingga ketika makanan sudah matang, rempah-rempah mudah untuk dikeluarkan.

7/ Vinaigrette

Vinaigrette adalah salah satu istilah untuk dressing salad yang klasik, yaitu hanya menggunakan cuka atau vinegar, minyak zaitun, dan garam.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.