Makanan di pesawat emang menarik untuk terus dibahas. Setelah ramai berita mengenai menu di pesawat, sekarang kita bahas fakta-fakta menariknya.

Sedang ramai dibicarakan mengenai menu makanan di pesawat ternama yang ditulis menggunakan kertas biasa serta tulisan tangan. Hal itu diabadikan oleh seorang YouTuber asal Indonesia Rius Vernandes, dan kini beritanya menjadi viral.

Terlepas dari itu semua, ternyata ada beberapa fakta menarik mengenai makanan di atas pesawat yang mungkin kita belum tau nih. Penasaran apa aja? Yuk langsung kita simak selengkapnya.

1. Makanan di atas pesawat nggak seenak ketika berada di darat

Pernah nggak ngerasain makanan di pesawat yang rasanya kurang enak dibandingkan di udara? Itu emang fakta bukan perasaan kamu doang. Karena dua indera kita; perasa dan pencium, berkurang sensitivitasnya ketika berada di dalam kabin pesawat.

Hal ini juga berpengaruh karena kondisi pada kabin pesawat yang rendah tekanan, kering, dan juga berisik.

Alasan lainnya lagi karena makanan di pesawat itu udah mengalami dipanaskan berkali-kali. Karena chef pihak pesawat dalam menyiapkan makanan untuk penumpang yang jumlahnya nggak sedikit, bahkan ribuan.

2. Biaya dari satu porsi makanan nggak seperti yang kita pikir

Melihat mewahnya berbagai menu makanan di pesawat, mungkin kita berpikir kalo harganya mahal. Dikutip dari Travelpulse.com, ternyata satu porsi yang ada di menu kelas ekonomi nggak lebih dari sekadar makanan cepat saji.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/19/82fefaaa-03b8-42d6-8adf-753429dee335.jpg

3. Makanan di pesawat nggak segar

Karena nggak mungkin makanan dibuat sesaat sebelum pesawat berangkat, jadinya makanan disiapkan jauh sebelum pesawat diterbangkan. Sekitar 10 jam sebelum jadwal, makanan sudah siap. Bahkan ada juga selama 72 jam sebelumnya makanan sudah siap. Kemudian makanan tersebut dibekukan.

Kalo dipikir nggak aman, tenang semua makanan udah masuk standar keamanan pangan internasional. Jadi nggak perlu khawatir, karena setelah dibekukan selama lima hari-pun makanan masih bisa diberikan ke penumpang.

4. Daging belum matang sepenuhnya

Ketika dibawa ke atas pesawat, daging masih dalam keadaan belum matang. Daging sapi hanya matang 30 persen, sedangkan daging ayam 60 persen. Namun daging akan dimasak kembali di dalam oven setelah dibekukan.

5. Jus tomat rasanya lebih enak

Hal yang satu ini berbanding terbalik dari poin nomor satu. Kalo di nomor satu, makanan di atas pesawat jadi kurang enak dibandingkan di darat, jus tomat justru menjadi lebih enak ketika diminum di atas pesawat.

Nggak ada orang yang kecewa ketika menikmati jus tomat di atas pesawat. Saking besarnya permintaan akan jus tomat, United Airlines yang udah menghapus jus tomat di daftar menunya sejak tahun 2018, kini mereka terpaksa untuk menyediakan kembali menu tersebut.

6. Pilot memiliki makanan khusus

Jika kita berpikir pilot makananya sama dengan penumpang, salah. Karena pilot bersama co-pilot diberi makanan yang berbeda. Karena ditujukan sebagai tindakan pencegahan agar kedua orang yang mengemudikan pesawat nggak sakit.

7. Nggak makan di pesawat bisa berbahaya

Selama penerbangan apalagi penerbangan yang panjang, sebisa mungkin untuk nggak melewatkan waktu makan. Karena ketika lapar bisa mengakibatkan kadar gula darah kita turun, menjadi lemas, dan gemetar. Bisa lebih parah lagi kalo sampai sakit kepala.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.