Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bisa juga dijadikan inspirasi jualan nih!

"

Enak, lezat, dan disukai siapa saja, rasanya pasti banyak yang setuju kalau hampir tidak ada yang bisa menolak sajian bakso. Nah, siapa menyangka membuat bakso ternyata tidak sesulit yang dibayangkan!

Tertantang untuk membuatnya sendiri di rumah? Atau malah terinspirasi untuk berjualan setelah membaca artikel ini? Jangan lupa simak tip suksesnya dulu di sini!

1/ Pilih bagian pundak sapi untuk membuat bakso dengan tekstur halus. Komposisinya yang mempunyai sedikit lemak dan tanpa urat, cocok digunakan untuk bakso jenis ini. Sedangkan untuk membuat bakso urat yang lezat, pilih daging sapi bagian sengkel (kisi).

2/ Tepung berfungsi sebagai pengikat adonan. Pilih Tepung sagu dan tapioka yang memiliki daya serap air yang tinggi sehingga cairan dan sari daging dapat terikat. Cukup gunakan tepung maksimum 25% dari total keseluruhan berat daging.

3/ Gunakan food processor untuk mencampur keseluruhan adonan bakso. Mata pisaunya yang tajam mampu menghancurkan es batu secara cepat, sehingga menghasilkan tekstur akhir yang lebih kenyal.

Jika tidak memiliki alat ini, pastikan pecahan es batu yang digunakan dalam serpihan kecil.

4/ Rendam tangan dalam air dingin dan segera keringkan sebelum mencetak bakso. Proses pencetakan yang terlalu lama, dapat membuat bakso menjadi lembek. Tidak perlu khawatir, karena saat ini juga sudah terdapat alat pencetak bakso yang mudah didapatkan di pasaran.

5/ Segera masak bakso hingga setengah matang setelah dicetak, angkat, lalu segera rendam ke dalam wadah berisi air es untuk memberhentikan proses pemasakan. Ini berguna agar bakso tidak berubah tekstur karena terlalu matang.

Bakso dapat disimpan dan bertahan selama maksimal 6 bulan dalam freezer hingga akan digunakan kembali. Rebus bakso sesaat sebelum digunakan.

6/ Saat membuat kaldu yang menggunakan tulang, gunakan air rebusan ke-dua untuk mendapatkan kaldu yang jernih. Di pemasakan ini, gunakan api kecil agar sari tulang dapat meresap ke dalam kaldu. Bagian dengkul yang padat sumsum, diyakini memberi rasa gurih dan sedap!

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.