Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Apa jadinya bila kopi dicampur dengan buah? Yuk cobain!

Inovasi untuk menciptakan kreasi kopi yang unik memang terus dilakukan. Tidak hanya sekedar mencampur kopi dengan susu atau creamer, kopi juga dicampur dengan buah-buahan.

Memang terdengan aneh, namun nyatanya ada beberapa buah yang justru menyatu dengan baik bila dipadukan dengan kopi. Memang tidak semua buah bisa dipadukan dengan kopi namun beberapa buah berikut ini menjadi sangat lezat ketika disajikan bersama dengan kopi.

1/ Lemon

Bila biasanya lemon disajikan dengan teh, namun ternyata kopi juga bisa cocok dengan lemon lho. Sajian kopi lemon ini bukan inovasi baru karena di Italia kopi lemon sudah sangat umum. Rasa lemon yang asam dipercaya bisa memunculkan rasa manis alami dari kopi. ENDEUSiast bisa membuat kopi dengan metode apapun, kemudian tambahkan potongan lemon di dalamnya.Bila ingin sajian kopi dingin, ENDEUSiast tinggal menambahkan es batu ke dalamnya.

2/ Alpukat

Tren alpukat dan kopi memang sedang hype di Indonesia. Buah alpukat yang bertekstur creamy memang sangat cocok bila dipadukan dengan kopi yang pahit. ENDEUSiast hanya perlu memblender alpukat dan kemudian sajikan dengan disiram kopi pekat. ENDEUSiast juag bisa menambahkan es krim cokelat atau vanilla agar lebih lezat.

3/ Durian

Sajian kopi dengan durian bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia. Di Sumatra, kopi durian ini sudah menjadi salah satu sajian kopi yang populer sejak lama. Tekstur durian yang creamy membuat kopi terasa semakin gurih dan aromanya semakin wangi. ENDEUSiast cukup menambahkan satu biji durian saja untuk satu gelas kopi.

Jangan menambahkan durian terlalu banyak karena nanti aromanya akan mengalahkan aroma kopi. Gunakan durian yang manis dan sudah dilepaskan dari bijinya.

4/ Kelapa

Kelapa juga bisa menjadi salah satu alternatif bahan tambahan untuk kopi. Ada banyak cara menggunakan kelapa untuk campuran kopi. ENDEUSiast bisa menambahkan santan sebagai pengganti susu atau krimmer pada kopi untuk rasa creamy dan gurih.

Selain itu, ENDEUSiast juga bisa menggunakan air kelapa untuk menyeduh kopi dengan metode cold brew. Yaitu dengan menggantikan air dengan air kelapa dan digunakan untuk menyeduh kopi. Dijamin rasa kopi akan berbeda dengan sajian kopi cold brew pada umumnya.

5/ Pisang

Pisang mempunyai tekstur creamy yang hampir mirip dengan alpukat sehingga bila dipadukan dengan kopi akan menghasilkan rasa yang lezat. ENDEUSiast bisa menggunakan kopi dengan aroma yang strong seperti espresso untuk mengimbangi rasa pisang yang manis.

Blender semua bahan menjadi satu dan sajikan dengan potongan es batu atau toping lain bila suka. Bila ditambah dengan topping seperti kacang-kacangan, campuran ini bisa dinamakan smoothies pisang dan kopi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.