8 Langkah Membersihkan Talenan Kayu dengan Praktis dan Mudah
8 Langkah Membersihkan Talenan Kayu dengan Praktis dan Mudah

8 Langkah Membersihkan Talenan Kayu dengan Praktis dan Mudah

Yuk ikuti 8 langkah mudah untuk membersihkan talenan kayu yang sudah menghitam. Anti stres, deh, melihat peralatan dapur yang lebih bersih.

Langkah mudah membersihkan talenan kayu ini bisa ENDEUSiast coba di rumah. Dijamin jadi lebih kinclong dan bikin lebih semangat memasak. Talenan sendiri adalah salah satu perlengkapan dapur yang tak asing di telinga. Talenan biasanya dibuat menggunakan plastik atau kayu dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bahan plastik memang mudah kering dan ringan, namun ia sangat mudah terkelupas saat terkena goresan pisau, padahal serpihan plastiknya inilah yang amat berbahaya jika bercampur dengan makanan. Mungkin masih bingung antara talenan plastik dan kayu mana yang lebih baik?

Talenan kayu lebih banyak dipilih, karena ia memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan talenan plastik, namun material kayu tentu saja membutuhkan perawatan yang tak mudah. Kayu dapat menjadi media yang subur bagi jamur dan bakteri. Wah jika begini harus hati-hati ya.

Tak perlu lama, coba ikuti 8 langkah di bawah ini untuk membersihkan talenan kayu di rumah.

1/ Langsung Dicuci Setelah Digunakan

Untuk meminimalisir tumbuhnya jamur dan bakteri, segera bersihkan talenan kayu setelah digunakan. Gosok lembut menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir hingga bersih. Cara ini juga bisa mencegah kotoran atau bekas makanan menempel lebih lama di talenan yang mengakibatkan nodanya sulit dibersihkan.

2/ Menggunakan Garam Kasar

By Menggunakan Garam Kasar (sumber; wikihow.com)

Gunakan garam kasar untuk menggosok permukaan talenan hingga bersih. Selanjutnya, rendam talenan menggunakan air hangat sembari digosok menggunakan spons lembut. Garam berguna untuk membersihkan sisa sayuran maupun daging yang menempel. Bilas di bawah permukaan air yang mengalir.

3/ Gunakan Air Cuka untuk Merendam Talenan Kayu

Untuk talenan yang berbau, cukup rendam talenan ke dalam larutan cuka. Tak hanya mampu menghilangkan bau, namun perendaman ini juga bertujuan untuk membantu merontokkan kotoran. Setelah direndam, bilas dan keringkan dahulu ya. ENDEUSiast bisa menggunakan cuka dapur biasa. Tidak perlu pakai yang terlalu fancy , ya!

4/ Potongan Lemon dan Garam

By Potongan Lemon dan Garam (sumber: thepioneerwoman.com)

Untuk membersihkan talenan kayu dengan lemon , caranya cukup mudah. Potong jeruk lemon menjadi dua bagian, taburi dengan garam kasar pada bagian permukaannya, lalu gosokkan potongan lemon di atas permukaan talenan. Bilas dengan air hangat hingga talenan bersih. Keringkan di bawah sinar matahari.

5/ Soda Kue, Air dan Garam yang Dibuat Pasta

By Soda Kue, Air dan Garam yang Dibuat Pasta (sumber: thespruceeat.com)

Buatlah pasta pembersih yang terbuat dari soda kue , garam, dan air masing-masing satu sendok makan. Setelah semua bahan tercampur dan membentuk pasta, oleskan secara merata di atas talenan kayu yang akan dibersihkan. Diamkan beberapa saat, lalu gosok dan bilas.

6/ Paduan Cuka dan Hidrogen Peroksida

Siapkan dua lembar handuk, kertas, atau tisu. Siapkan juga cuka dan beberapa hidrogen peroksida. Basahi salah satu tisu, handuk, atau kertas menggunakan cuka. Untuk lembar yang lain, berikan hidrogen peroksida. Lap talenan dengan tisu yang telah dibasahi cuka, lalu lap kembali menggunakan tisu yang diberi hidrogen peroksida. Bilas dan jangan lupa keringkan.

7/ Mencuci Talenan Kayu dengan Air Panas

By Mencuci Talenan Kayu dengan Air Panas (sumber: wikihow.com)

Untuk menghilangkan bakteri dan noda pada talenan kayu, ada baiknya untuk membilas talenan kayu yang telah selesai digunakan menggunakan air panas dahulu sebelum mencucinya. Setelah dibilas air panas, ENDEUSiast bisa menggunakan sabun cuci piring dan mengusap talenan menggunakan spons atau sikat. Jika selesai dicuci, ENDEUSiast bisa mengeringkan talenan kayu dengan meletakkannya pada sisi tembok.

8/ Mengoleskan Air Garam ke Talenan Sebelum Dicuci

Sebelum dicuci dengan sabun, ambil kain yang telah dicelup air garam, kemudian usapkan pada permukaan talenan. Diamkan sebentar, baru cuci talenan dengan air mengalir, ENDEUSiast. Cara ini bisa membuat talenan yang telah ENDEUSiast cuci jadi lebih bersih lagi berkat fungsi air garam yang lebih ampuh merontokkan kotoran pada talenan.

Itulah 6 cara praktis dan mudah untuk membersihkan talenan kayu. Salah satu tips untuk ENDEUSiast, hindari menggunakan talenan yang sudah retak, karena juga rentan menjadi sarang bakteri dan jamur.

Endeustorial

Ikuti Instagram