Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Mengolah ikan akan lebih mudah dengan beberapa cara berikut. Selain mudah, cara mengolah ini juga termasuk cara

Memasak ikan tidak bisa dibilang mudah. Dagingnya yang mudah matang menjadikan waktu memasak protein ini terbilang cukup singkat. Kelamaan memasak malah berakhir pada ikan yang gosong atau tekstur daging yang mengering karena over cooked . Selain itu, kendala lain dalam mengolah ikan adalah teksturnya yang mudah rapuh.

Beberapa jenis ikan memang sedap disantap dalam hidangan sashimi. Namun cara ini tentu bukan untuk setiap orang. Jika tak ingin repot dalam mengolah ikan, ENDEUSiast bisa menggunakan 5 cara berikut. Cara ini juga mampu menghadirkan sajian ikan yang lebih sehat, loh !

1/ Pan Frying

Ikan goreng adalah salah satu masakan yang populer termasuk di Indonesia. Namun metode menggoreng dengan minyak banyak ini kurang sehat dan bisa merusak beberapa nutrisi dalam ikan. Cara menggoreng ikan yang lebih sehat adalah dengan metode pan frying atau digoreng dengan sedikit minyak di dalam wajan datar. Dengan cara ini, ENDEUSiast bisa menggunakan minyak yang lebih sedikit sehingga ikan menjadi lebih sehat. ENDEUSiast bisa menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng ikan agar nutrisi ikan bertambah.

2/ Poaching

Teknik poaching untuk memasak ikan adalah salah satu metode merebus ikan. Cara ini lebih cocok digunakan untuk masakan sup ikan karena ENDEUSiast bisa merebus ikan dengan air dan rempah-rempah. Dengan cara ini, kandungan gizi dalam ikan tidak berubah karena metode poaching ini menggunakan api yang kecil. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa menyajikan ikan dengan atau tanpa kuah dengan rasa yang sama-sama lezat.

3/ Broiling

Broiling atau membakar daging di dalam oven adalah salah satu metode memasak ikan yang populer. Pesona ikan bakar dengan aroma panggang memang tidak bisa ditolak. Namun pemasakan dengan suhu tinggi bisa merusak senyawa kimia dalam ikan. Agar ikan tetap sehat ketika dimasak dengan metode broiling , ENDEUSiast bisa mengoleskan bumbu pada ikan. Selain itu, jangan memanggang ikan terlalu lama agar nutrisinya tidak rusak.

4/ Steam

Salah satu metode untuk memasak ikan adalah dengan cara steam. Ikan yang dimasak dengan cara dikukus mempunyai tekstur daging yang lebih lembut. Selain itu, rasa ikan kukus juga sangat gurih. Meskipun tekstur daging ikan lembut, namun ikan tidak hancur dan bentuknya tetap bagus. Yang terpenting adalah kandungan nutrisi ikan tidak rusak dan tetap terjaga.

5/ Under vacuum

Metode memasak ikan yang satu ini populer di Perancis dengan nama sous vide . Cara memasak ikan dengan under vacuum adalah menggunakan alat khusus dengan termometer. Ikan yang sudah dibumbui kemudian akan dimasukkan ke dalam plastik zip lock lalu dimasak dalam air yang mendidih. Cara ini membuat tekstur ikan tidak banyak berubah dan masih terasa kenyal.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.