5 Variasi Sate Untuk Para Vegetarian
5 Variasi Sate Untuk Para Vegetarian

Sate tidak hanya dibuat dengan bahan dasar daging. Berikut beberapa alternatif sate non-daging yang cocok untuk para vegetarian.

Sate memang biasanya dibuat dengan bahan dasar daging, seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, dan sebagainya. Namun bagi beberapa orang, sate daging sudah terlalu biasa meskipun sudah dibuat dengan berbagai macam variasi. Padahal selain dari daging, sate juga bisa dibuat dari bahan yang lain, tentunya dengan rasa yang tidak kalah sedap. Berikut ini beberapa ide sate yang tidak dibuat dari daging.

1/ Sate Telur

Meski namanya sate telur, sebenarnya sate telur tidak dibuat dengan cara dipanggang. Namun sate telur ini dibuat dari telur goreng yang digulung dengan cepat menggunakan tusuk sate. Sate telur ini terdiri dari dua jenis yaitu sate telur yang digoreng dan telur gulung isi sosis. Dua jenis sate telur ini adalah salah satu jajanan favorit anak-anak. Sate telur disajikan dengan saus tomat dan saus sambal.

2/ Sate Tempe

Selain daging, sate juga bisa dibuat dari protein nabati salah satunya adalah tempe. Tempe adalah salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Makanan yang satu ini diolah menjadi berbagai jenis masakan termasuk sate tempe . Untuk membuat sate tempe, ENDEUSiast bisa menggunakan tempe dengan tekstur padat agar tidak hancur ketika dijadikan sate. Potong tempe dengan ukuran yang sama dan ungkep dengan bumbu. Setelah matang, tusuk tempe dengan tusukan sate dan kemudian panggang sebentar.

3/ Sate Tahu

Selain tempe, tahu juga merupakan sumber protein nabati yang juga banyak dikonsumsi. Sate tahu biasanya dijual dengan cilok atau bakso bakar. Untuk membuat sate tahu, ENDEUSiast bisa menggunakan tahu yang sudah digoreng atau tahu berkulit. ENDEUSiast bisa langsung memotong tahu dan membuat sate. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa mengisi bagian dalam tahu dengan adonan bakso atau aci. Kukus tahu terlebih dahulu sebelum dipotong dan dijadikan sate. ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu yang sama dengan sate daging.

4/ Sate Kere

Sate kere adalah salah satu sate yang bisa dijumpai di Yogyakarta. Sate yang satu ini terbuat dari tempe menjes sehingga disebut dengan sate kere. Tempe menjes adalah salah satu jenis tempe yang dibuat dari ampas tahu. Tempe menjes ini mempunyai tekstur yang empuk dan spongy. Cara membuat dan bumbu yang digunakan untuk sate kere ini sama dengan sate pada umumnya hanya saja citarasa dan tekstur sate empuk.

5/ Sate Jamur

Jamur adalah salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti daging untuk sate. ENDEUSiast bisa menggunakan jamur yang berukuran besar dan padat seperti jamur kancing, king oyster mushroom, Portobello, dan sebagainya. Sate jamur ini mempunyai rasa yang kenyal dengan rasa yang gurih mirip dengan rasa daging.

Endeustorial

Ikuti Instagram