Mendapatkan tekstur empuk dari ayam rebus tak bisa dibilang mudah. Ada beberapa tip yang perlu diperhatikan saat memasaknya. Yuk, langsung simak.

Ayam rebus adalah cara paling praktis yang dapat dilakukan untuk mengolah ayam. Dengan direbus, ayam akan memiliki rasa yang gurih dan perut pun akan terasa nyaman. Ayam rebus juga sangat mudah dicampurkan menjadi beragam masakan dengan cara disuwir-suwir.

Merebus ayam mungkin bukanlah perkara sulit, yakni hanya perlu memasukkan ayam ke dalam air rebusan dan tunggu hingga matang. Namun jika caranya tidak tepat ayam tidak akan empuk dan matang sempurna.

1/ Sesuaikan Panci dengan Ayam

Untuk merebus ayam, ukuran panci harus disesuaikan dengan ukuran ayam yang akan direbus nantinya. Jika terlalu kecil, maka ayam akan saling menumpuk dan saling terhimpit, sehingga tidak akan matang merata. Sebaliknya, jika panci terlalu besar maka akan dibutuhkan lebih banyak air, sehingga ayam akan lebih lama mendidih dan daging ayam akan beresiko hancur.

Itulah pentingnya memilih panci yang sesuai dengan ukuran ayam yang akan direbus. Untuk ayam utuh, anda bisa gunakan panci dengan ukuran 8 liter, sedangkan untuk ayam yang sudah dipotong, dibutuhkan panci dengan ukuran lebih kecil dengan diameter 16-18 cm.

2/ Menutupi Seluruh Permukaan Ayam dengan Air

Tuangkan air hingga seluruh permukaan ayam tertutup air. Dengan air ini, diharapkan ayam dapat matang merata secara bersamaan. Hindari menggunakan air hangat atau panas, karena ayam dapat matang terlebih dahulu sebelum direbus.

3/ Menambahkan Garam dan Bawang Putih Utuh

Sebelum merebus, siapkan beberapa siung bawang putih dan garam yang akan dimasukkan tepat sebelum proses perebusan. Gunakan 2 sdm garam dan 3 siung bawang putih untuk ayam utuh untuk memberikan rasa dan aroma serta meluruhkan kotoran pada ayam.

4/ Rebus Ayam di Atas Api Sedang dan Tutup Panci

Saat proses merebus ayam, jangan lupa tutup panci agar aromanya tidak menguap dan ayam cepat matang. Gunakan api dengan panas sedang agar seluruh bagian ayam dapat matang merata.

5/ Memperhatikan Waktu Perebusan

Setiap bagian potongan ayam membutuhkan waktu perebusan yang berbeda-beda. Apalagi ayam utuh. Waktu perebusan perlu diperhatikan agar ayam tidak hancur akibat terlalu matang. Untuk waktu yang dibutuhkan adalah :

Dada Ayam Tanpa Tulang dibutuhkan 15-20 menit

Dada Ayan Dengan Tulang dibutuhkan 30 menit

Paha Ayam dibutuhkan 30-40 menit

Ayam Utuh dibutuhkan 1 jam

Jika ayam rebus sudah matang sempurna, ENDEUSiast bisa memanfaatkannya untuk membuat Soto Mie , Sop Ayam Mie Instan , atau Mie Ayam . Sisa kuah rebusannya dapat disimpan atau digunakan sebagai kaldu untuk membuat kuah sop dan hidangan berkuah lainnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.