Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Wajan atau wok merupakan alat esensial di restoran Cina. Ternyata ada trik tersendiri yang bisa ENDEUSiast tiru!

Restauran Cina menggunakan wajan dalam sebagian besar kegiatan memasaknya. Cara penggunaannya pun bukan lagi seperti masak ala ibu rumah tangga yang menggunakan api kecil. Pada masakan Cina , para pemasak biasanya menggunakan api besar. Hal ini agar panas terdistribusikan secara merata pada wajan yang besar. Ini juga membuat makanan yang dipesan cepat tersaji.

Untuk memasak ala restauran Cina, diperlukan keahlian dan trik dalam menggunakan wajan. Mau tahu apa saja? Ini adalah 5 trik yang akan menjadikan ENDEUSiast layaknya chef pro restauran Cina

1. Beri Bumbu Baru Setiap Kali Memasak

Pasa setiap kali memasak, bumbu dan minyak yang digunakan selalu baru. Tidak menggunakan lagi yang lama. jadi setiap kali memasak hidangan baru, minyak yang lama akan dituangkan di wadah penampung dan kemudian minyak baru di masukkan. Ini juga mencegah masakan lengket serta secara otomatis membuat lapisan anti lengket baru.

2. Tuang Minyak yang Tepat

Pemilihan minyak dalam memasak amat penting, terutama untuk menciptakan api besar. Misalnya saja penggunaan minyak kacang tanah dan minyak lobak [kanola] yang sangat baik untuk membesarkan api yang ada.

3. Cari Tahu Wajan yang Tepat

Ketika menggunakan wajan, maka harus memikirkan jenis kompor yang dimiliki. Jika ENDEUSiast memiliki gas, gunakan wajan bundar tradisional. Tetapi jika kompor listrik, maka perlu jenis wajan yang sedikit rata di dasarnya. Selain itu pilih material wajan yang tepat, namun sebagian besar restauran Cina pasti menggunakan yang terbuat dari baja karbon karena ia memanas dan mendingin dengan cepat.

Pilih juga berdasarkan pegangan. Ada berbagai macam pegangan: satu pegangan panjang yang mempermudah jika ingin melemparkan makanan, dan wajan dua pegangan telinga yang wajan yang sangat stabil untuk merebus atau menggoreng dengan lebih aman.

4. Gunakan Spatula yang Tepat

Spatula wajan dengan pegangan panjang adalah alat yang sangat baik untuk meraup pangkal wajan saat menggoreng, itulah yang digunakan koki rumah Cina.

Selain itu bentuk ujung spatula harus dipaskan dengan kebutuhan memasak. Spatula yang bolong cocok untuk mengangkat yang berminyak, sedangkan berbentuk pengaduk cocok untuk mencicip makanan ketika masih panas.

5. Pelajari Melempar (toss)

Mempelajari cara melempar wajan penting ketika akan meniru ala chef restauran Cina. hal ini bisa dimulai dengan melempar lempar sayuran atau bumbu tumis dalam jumlah sedikit.

Itulah beberapa trik yang digunakan koki masak di restauran Cna. Penggunaan wajan memang jadi idola karena keserbagunaannya baik itu menumis, menggoreng, merebus, memanggang, dan sebagainya. Bahkan cara merawatnya pun mudah dan wajan bisa bertahan selamanya jika diurus dengan benar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.