5 Tips Sukses Membuat Sate Kerang di Rumah
5 Tips Sukses Membuat Sate Kerang di Rumah

Ingin menghadirkan varian sate lain selain daging ayam atau sapi? Coba saja buat sate kerang yang tak kalah nikmat.

Kerang adalah salah satu seafood yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari rendang hingga sate . Di Indonesia, sate kerang adalah salah satu makanan yang populer. Meskipun namanya sate, sate kerang ini adalah salah satu olahan sate seafood yang tidak dibakar. Berikut ini beberapa tips membuat sate kerang yang lezat dan pasti sukses.

1/ Pilih Ukuran Kerang

Ketika membuat sate kerang, ukuran kerang harus diperhatikan. Gunakan kerang yang sudah dikupas dengan ukuran sedang atau besar. Kerang dengan ukuran kecil akan menyulitkan ketika ditusuk dengan tusukan sate. Namun kalau terpaksa menggunakan kerang dengan ukuran kecil, ENDEUSiast bisa menyiasati dengan menggunakan tusuk sate yang tidak terlalu tebal. ENDEUSiast bisa menggunakan tusuk sate dari lidi yang ukurannya lebih kecil.

2/ Pilih Kerang Segar

Jenis kerang yang biasa digunakan untuk sate kerang adalah kerang dara. Kerang jenis ini banyak dijual di pasar dalam kondisi sudah dipisahkan dari cangkangnya. Karena sudah banyak dijual tanpa cangkang, biasanya kondisi kerang kurang segar. Untuk sare kerang, sebaiknya gunakan kerang dara yang segar sehingga rasanya tidak amis dan lebih gurih.

3/ Ungkep Kerang

Sate kerang tidak dibuat dengan cara dipanggang, namun kerang diungkep terlebih dahulu. Kerang bisa diungkep dengan bumbu-bumbu. Bumbu yang digunakan untuk sate kerang adalah bawang merah, bawang putih, kecap manis, kecap asin, lada, dan garam. Sebenarnya kerang ini termasuk seafood yang mudah matang, namun ENDEUSiast bisa mengungkep kerang sedikit lebih lama agar bumbu bisa meresap hingga kedalam kerang. Beberapa orang biasanya mengungkep kerang hingga airnya berkurang atau kering. Selama proses ungkep ini, ukuran daging kerang akan banyak menyusut sehingga sebaiknya menggunakan kerang dengan ukuran sedang hingga besar.

4/ Tusuk Kerang

Setelah kerang diungkep atau air ungkepan habis, ENDEUSiast bisa menusuk kerang dengan tusuk sate. Tusuk sate yang biasa digunakan untuk sate kerang ini berbeda dengan sate pada umumnya. Kerang dengan ukuran kecil biasanya menggunakan tusuk sate dari lidi dengan ukuran yang kecil pula. Menggunakan tusuk sate dengan ukuran yang besar untuk kerang akan sangat merepotkan.

5/ Sajikan dengan Pendamping

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate kerang biasanya tidak disajikan sebagai makanan utama. Sate seafood yang satu ini biasanya disajikan sebagai pendamping makanan lain. Misalnya di Jawa Timur sate kerang digunakan sebagai pendamping kupang lontong.

Meskipun namanya sate kerang, namun sate seafood yang satu ini tidak dibuat dengan cara dibakar. Penamaan sate hanya karena kerang ditusuk dengan menggunakan tusuk sate. Makanan yang satu ini cukup populer dan banyak digunakan sebagai lauk pendamping.

Endeustorial

Ikuti Instagram