Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Nggak perlu repot, begini cara memasak kacang hijau yang mekar untuk kolak dan takjil buka puasa.

Olahan kacang hijau menjadi salah satu yang cukup banyak digemari untuk takjil buka puasa. Dari mulai olahan es kacang hijau , kolak, hingga angsle semuanya menggunakan kacang hijau sebagai bahan dasar.

Mengolah kacang hijau untuk kolak dan takjil termasuk cukup mudah. Hanya saja proses memasak kacang hijau termasuk lama karena kacang harus direbus hingga benar-benar mekar dan empuk. Nggak jarang ada yang menghabiskan hingga 1-2 jam untuk merebus kacang hijau.

Berikut ini beberapa cara mengolah kacang hijau yang cepat dan empuk.

1. Trik merebus kacang hijau yang cepat

Sebagian besar orang merebus kacang hijau dengan cara biasa, yaitu kacang hijau direbus hingga empuk. Namun bila ingin lebih hemat waktu dan gas, kita bisa menggunakan trik yang satu ini.

Kacang hijau yang sudah dibersihkan langsung direbus selama lima menit. Kemudian matikan kompor dan didiamkan selama 30 menit dengan panci tertutup. Setelah 30 menit, rebus lagi kacang hijau selama tujuh menit.

Hasilnya kacang hijau akan mekar dan empuk. Bila menggunakan cara ini, kacang hijau nggak perlu direndam semalaman namun hasilnya tetap mekar dan sempurna.

2. Perhatikan takaran air

Salah satu kunci sukses merebus kacang hijau adalah menggunakan takaran air yang pas. Hal ini karena kacang hijau harus direbus dalam waktu lama sehingga jangan sampai kacang kekurangan air dalam prosesnya.

Bila dirasa kurang mekar, kita bisa menambahkan air secukupnya hingga kacang hijau terendam kembali. Jangan sampai kacang hijau gosong dan bau sangit karena kekurangan air, yang pada akhirnya nggak bisa kemakan.

3. Jangan terburu-buru mencampur bahan lain

Olahan kacang hijau memang biasanya ditambahkan gula dan santan. Namun sebaiknya jangan menambahkan bahan lain sebelum kacang hijau benar-benar mekar dan empuk. Menambahkan bahan lain akan membuat kacang hijau lebih susah empuk.

Selain itu, menambahkan santan ketika kacang hijau belum matang juga akan membuat santan mudah pecah padahal kacang hijau masih mentah.

4. Rebus gula secara terpisah

Sebelum menambahkan gula, baik gula aren, gula merah, atau gula pasir, sebaiknya gula direbus secara terpisah. Merebus gula secara terpisah akan membuatnya lebih cepat cair. Selain itu, kita juga perlu menyaring gula terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan kacang hijau agar kotoran nggak ikut tercampur.

5. Bila perlu gunakan slow cooker

Bila dirasa merebus kacang hijau terlalu lama, kita juga bisa menggunakan slow cooker. Dengan menggunakan slow cooker, kita nggak perlu terus mengawasi proses perebusan.

Tinggal setting waktu sesuai yang diinginkan, dan kacang hijau akan mekar dan matang sempurna. Kelebihan lainnya kita bisa melakukan aktivitas lainnya selagi kacang hijau dimasak di dalam slow cooker.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya