Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Beberapa tips berikut bisa ENDEUSiast lakukan untuk menghasilkan daging yang juicy dan lembut. Penasan?

Daging panggang atau barbeque adalah salah satu olahan daging yang banyak disukai. Cara pengolahan daging yang sederhana, yaitu dengan memanggang daging yang sudah dibumbui hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Meskipun sekilas terlihat sederhana, namun memanggang daging tidak boleh sembarangan karena bisa membua daging tidak juicy dan teksturnya keras. Berikut ini beberapa cara memanggang daging yang benar agar rasanya tetap lezat.

1/ Pilih Daging Berkualitas

Salah satu kunci kelezatan daging panggang adalah kualitas daging. Daging dengan kualitas bagus biasanya menghasilkan rasa yang lezat. ENDEUSiast bisa menggunakan jenis daging sapi lokal ataupun impor dengan catatan daging segar dan kualitasnya bagus. Selain kualitasnya, pilih juga potongan daging yang tepat seperti sirloin, tenderloin, dan sebagainya. Sebelum dipanggang, sebaiknya diamkan daging terlebih dahulu setidaknya 30 menit setelah dari kulkas. Suhu daging yang dingin membuat proses pematangan daging tidak bisa merata.

2/ Pilih Pemanggang Daging

Selain daging, pemanggang juga menjadi salah satu kunci kelezatan daging panggang. ENDEUSiast bisa menggunakan pemanggang daging dengan gas dan arang dengan suhu yang bisa dikontrol. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa memnafaatkan tutup pemanggang daging untuk menghasilkan aroma yang smokey. Agar daging tidak lengket dipemanggang, ENDEUSiast bisa mengoleskan irisan kentang pada permukaan pemanggang. Hindari menggunakan minyak karena akan menambah kalori pada daging.

3/ Bumbu Marinasi

Kelezatan daging panggang juga terletak pada bumbu marinasi. Kalau daging yang digunakan banyak terdapat lemak atau marbled, ENDEUSiast bisa membumbuinya dengan garam dan blackpepper. Namun kalau ENDEUSiast menggunakan daging yang harganya tidak terlalu mahal, ENDEUSiast bisa bereksperimen dengan bumbu marinasi agar daging lebih lezat, Diamkan daging dalam bumbu marinasi setidaknya empat jam sebelum dipanggang agar benar-benar meresap. ENDEUSiast juga bisa menambahkan sayuran pada saat memanggang daging untuk menambah rasa pada daging.

4/ Jangan Terlalu Sering Membalik Daging

Banyak orang beranggapan bila daging bisa matang sempurna bila sering dibalik. Padahal anggapan ini adalah salah. Untuk mendapatkan grill mark yang sempurna, daging sebaiknya tidak terlalu sering dibalik. Terlalu sering membalik daging akan membuat grill mark menjadi hilang.

5/ Resting Time Setelah Dipanggang

Setelah dipanggang, suhu dalam daging biasanya meningkat hingga 10%. Hal ini berarti bila ENDEUSiast ingin steak dengan kematangan medium rare, daging harus diangkat setidaknya ketika masih dalam tingkat rare. Sehingga ketika dihidangkan daging tidak melebih tingkat kematangan yang diinginkan.

Selain itu, setelah daging diangkat dari pemanggang, jangan langsung memotong daging namun diamkan terlebih dahulu. Terburu-buru dalam memotong daging setelah dari pemanggang akan membuat juice dalam daging keluar dan rasa daging tidak lagi lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.