Persiapkanlah menu buka puasa yang sehat. Berbukalah dengan makanan dan minuman yang dapat membantu tubuhmu kembali bugar dan segar.

Setelah puasa, tubuh kita kehilangan nutrisi, energi, dan cairan yang dibutuhkan organ-organ tubuh kita. Asupan gizi yang seimbang saat berbuka diperlukan agar organ-organ tubuh kita dapat berfungsi dengan normal. Makanan yang baik untuk berbuka puasa harus dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Selain itu, makanan juga harus bisa cepat dicerna oleh tubuh agar dapat mengembalikan energi.

ENDEUSiast tentu ingin dong hidup sehat selama bulan puasa? 5 tips dan menu buka puasa di bawah ini akan membantumu.

1/ Makan Kurma untuk Berbuka

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/24/171c1790-ffad-4922-9f5a-046abddcf85e.jpg
Makan kurma untuk berbuka. Foto: ShutterStock

Selain praktis, buah kurma merupakan menu buka puasa yang sehat. Terdapat kandungan zat besi, gula alami, serat, dan mineral di dalamnya. Pilih buah kurma yang memiliki kulit keras karena kadar seratnya paling tinggi.

Memakan buah kurma dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, buah ini cocok untuk ENDEUSiast yang darah rendah. Makanlah minimal 3 buah kurma untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darahmu.

2/ Penuhi Kebutuhan Cairanmu

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/24/1e7efb23-10c5-49bd-9570-c13750f4ac4d.jpg
Jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat sahur dan berbuka. Foto: Shutter Stock

Selama berpuasa, kebutuhan cairan tubuh sama dengan ketika kita tidak berpuasa. Oleh karena itu, kita perlu menyediakan cairan yang cukup untuk tubuh kita agar makanan yang akan kita santap dapat tercerna dengan baik oleh tubuh.

Minumlah air putih dua gelas saat berbuka. ENDEUSiast juga bisa minum jus buah atau yougurt sebelum mulai makan. Minuman ini akan membantu mencegah dehidrasi. Dengan cairan yang cukup, tubuh kita akan kembali segar.

3/ Konsumsi Buah atau Salad agar Kebutuhan Seratmu Terpenuhi

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/24/6da10a0e-66e3-4501-85f6-ff36f306f706.jpg
Buah dan Salad jadi menu yang tidak boleh kamu lewatkan. Foto: Shutter Stock

Buah atau salad kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Serat akan segera dicerna oleh tubuh menjadi energi sehingga tubuh kita menjadi lebih cepat bugar. Buah-buahan dan salad membuat kita merasa kenyang sehingga mencegah kita makan berlebihan saat berbuka.

Membuat salad sangat mudah dan cepat dilakukan. ENDEUSiast bisa mencoba membuat salad dengan mengikuti Resep Tamarillo Salad . Jika ENDEUSiast bosan dengan mayonnaise sebagai dressing, ENDEUSiast bisa mencoba 7 Salad Dressing Sedap yang Mudah Dibuat di Rumah . Selamat mencoba!

4/ Sup sebagai Hidangan Pembuka

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/24/3dd9049f-26cc-430b-bf0e-b12aed91b0e6.jpg
Sup sebagai menu pembuka, bisa membangkitkan tenaga seketika. Foto: Shutter Stock

Makanlah semangkuk sup hangat sebagai hidangan pembuka saat buka puasa. Sup yang masih hangat mudah dicerna oleh tubuh, membantu mengembalikan cairan tubuh, dan membuat kita merasa lebih cepat kenyang sehingga kita tidak makan berlebihan.

ENDEUSiast bisa mengkreasikan sayuran segar dengan ayam, bakso, atau jamur. ENDEUSiast juga bisa mencoba menu Sup Jagung Telur , Sup Ikan Vietnam , atau Sup Iga Kecombrang . Pilih mana?

#5 Santaplah Menu Utama yang Sehat

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/24/1fb29c62-9131-42d9-be44-fb1633ac669f.jpg
Memilah milah menu dengan nutrisi tinggi agar kesehatanmu tetap terjaga. Foto: ShutterStock

Makanan yang ENDEUSiast santap perlu mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh. ENDEUSiast bisa memakan nasi atau kentang untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. ENDEUSiast juga perlu memenuhi kebutuhan protein dengan memakan ikan, daging sapi, atau ayam.

ENDEUSiast bisa mencoba menu Ikan Nilai Bakar Kecap Pedas , Daging Sapi Balado Spesial , atau Pepes Ayam sebagai lauk. Jangan lupa cukupi dengan menyantap berbagai macam sayuran juga, ya.

Untuk menghindari gangguan kesehatan dan pencernaan, makanlah dengan porsi secukupnya secara perlahan-lahan. Apakah ENDEUSiast siap hidup sehat di bulan puasa? Coba tips dan menunya, ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.