Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Yuk siapkan kembali menu sarapan setelah sebulan berpuasa.

Orang Indonesia bisa dibilang memang belum makan bila belum “ketemu” nasi. Namun ada kalanya kita nggak sempat makan nasi terutama ketika sarapan. Atau bagi yang nggak bisa makan besar ketika sarapan.

Setelah bulan Ramadan kita lewati, sekarang saatnya kita kembali menyiapkan menu makanan, seperti sarapan salah satunya. Menentukan menu sarapan memang cukup menantang, karena baru bangun tidur dan terkadang nggak sempat menyiapkan sarapan.

Kalau sedang nggak mau makan nasi saat sarapan atau nggak bisa langsung makan besar, kita bisa memilih untuk mengonsumsi roti tawar sebagai sumber karbohidrat di pagi hari sebelum memulai menjalani hari. Kita bisa mengolahnya menjadi menu makanan yang nggak kalah enaknya. Berikut ini beberapa menu sarapan simple yang bisa dibuat dengan roti tawar.

1. Roti panggang

Roti tawar atau toast adalah salah satu olahan roti yang cukup sederhana sebagai menu sarapan. Kita hanya perlu memanggang roti dengan mentega dan ditambah dengan topping kesukaan.

Kelezatan roti panggang ini terletak pada toping yang digunakan. Misalnya untuk toping manis kita bisa menggunakan selai kacang atau selai cokelat dan ditambah dengan potongan pisang. Sedangkan untuk toping roti panggang asin, kita bisa menggunakan telur, alpukat, dan sayuran.

2. Sandwich

Sandwich memang identik dengan makanan untuk sarapan atau bekal. Membuat sandwich juga sangat mudah. Kita bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di kulkas seperti roti tawar, keju slice, daging asap, bawang bombai, selada, mentimun, saus sambal, mayonaise, dan sebagainya.

Sandwich ini termasuk salah satu menu roti tawar yang paling mudah karena bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera.

3. Salad dengan roti tawar

Mungkin kita nggak pernah mengira kalau roti tawar bisa dicampurkan ke dalam salad. Namun makanan yang satu ini dikenal dengan nama panzallena di Italia. Salad yang digunakan bisa salad sayur dengan dressing apa saja sesuai selera.

Sebelum ditambahkan pada salad, roti tawar bisa dipanggang terlebih dulu hingga agak kering. Kemudian roti tawar diiris kotak-kotak dan dicampurkan ke dalam mangkuk salad. Sensasi sayuran yang segar dengan roti yang kriuk pasti terasa sangat lezat.

4. Pizza roti tawar

Kreasi olahan roti tawar untuk menu sahur simpel adalah pizza roti tawar. Cara membuat pizza roti tawar ini juga mudah sekali. Kita hanya perlu memanggang roti tawar yang udah diberi dengan saus pizza, keju mozzarella, dan toping lain sesuai selera. Panggang roti hingga keju meleleh dan pizza roti tawar siap disantap selagi hangat.

5. Garlic bread roti tawar

Bila ingin sajian roti tawar yang asin dan gurih, anda bisa mencoba membuat garlic bread roti tawar. Kita bisa mencampur mentega dengan bawang putih cincang atau bawang putih bubuk.

Oleskan mentega di atas roti tawar dan panggang hingga kering. Agar lebih lezat, kita juga bisa menambahkan irisan parsley di atas roti tawar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya