Sajian lezat dan sehat ala Timur Tengah.

"

Pengaruh hidangan Arab meluas dari Timur Tengah dan benua Afrika bagian barat daya sejak Kekaisaran Ottoman. Sajian saladnya didominasi dengan rasa asam segar dari perasan air jeruk lemon menyeimbangkan rasa saat bersantap hidangan berlemak. Tapi jangan kaget ada juga khasiat sehat berkat penggunaan bahan yang mampu meningkatkan kualitas kesehatan. Salad-salad ini biasanya disajikan dalam piring kecil yang disebut cold mezzeh bersamaan dengan hidangan utama. Simak 5 salad populer khas Arab.

By Tabbouleh

1. Tabbouleh

Salah satu salad terpopuler di Timur Tengah. Terbuat dari peterseli cincang, burgul , tomat, bawang bombai, dan dressing air lemon dengan minyak zaitun. Daun peterseli datar atau flat leaves parsley , digunakan karena teksturnya lebih lembut dan tetap renyah walau lama ‘terendam’ dressing . Daun peterseli dikenal mampu menghapus bau mulut. Sering disajikan bersama hidangan daging bakar.

By Fattoush dan Sumac Bubuk

2. Fattoush

Ciri khas utama salad ini adalah penggunaan sumac dan sirop delima. Sumac memiliki benefit kesehatan seperti melancarkan asi, menurunkan kadar gula, dan digunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Umumnya menggunakan selada romaine , radish , mentimun, tomat, dan roti arab panggang renyah sebagai taburan. Dressing yang digunakan campuran minyak zaitun, air lemon, sumac, sedikit garam dan merica. Terakhir siram dengan sirop delima.

By Baba Ganoush

3. Baba Ganoush

Salad ini unik karena bahan utamanya terong yang dibakar utuh sampai kulitnya gosong dan menjadi arang. Dagingnya akan terpanggang di dalam menjadi empuk dan matang. Setelah terong dihaluskan dicampur dengan cincangan paprika dan minyak zaitun. Selalu disertai roti pita dan taburan buah delima setelah didinginkan. Ada sedikit smokey dan manis dari biji buah delima. Terong sendiri mengandung serat tinggi dan rendah karbohidrat, dan mampu menurunkan tekanan darah.

By Ful Medames

4. Ful Medames

Bahan utamanya menggunakan kacang kara oncet atau fava bean. Fava bean mengandung mineral mangan yang membantu kesuburan rambut dan baik untuk kesehatan tulang. Kacang ini juga digunakan untuk pembuatan falafel. Kacang yang telah empuk dicampur dengan tomat, cincangan peterseli, dan minyak zaitun. Didinginkan sebelum disajikan bersama pita bread dan daging bakar seperti shish taouk.

By Salatat Shamandar

5. Salatat Shamandar

Atau disebut juga salad bit dengan daun kucai. Bit direbus hingga empuk lalu dikupas dan dipotong. Dicampur dengan garam, merica, minyak zaitun, dan daun kucai. Khasiat bit sudah banyak digunakan untuk pasien dan diet kesehatan. Diantaranya menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan otak.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.