Beberapa jenis makanan memang ada yang nikmat disantap dalam keadaan mentah. Contohnya saja beberapa hidangan asal Korea berikut.

Makanan mentah yang banyak dikonsumsi biasanya merupakan jenis makanan laut atau seafood hingga daging merah yang memang aman dikonsumsi dalam keadaan setengah matang atau mentah.

Jepang menjadi negara yang memiliki sajian mentah populer berupa sashimi . Selain Jepang, Korea pun memiliki sajian mentah populer tersendiri yakni sannakji atau gurita yang dimakan mentah. Makanan yang satu ini sempat menimbulkan kontroversi karena bisa menyebabkan kematian bila gurita menempel di tenggorokan. Selain sannakji , ternyata ada banyak jenis makanan mentah lain yang juga populer di Korea. Apa saja?

1/ Ganjang Gejang

Ganjang gejang adalah salah satu makanan yang tidak dimasak dan dimakan secara mentah. Bahan utama ganjang gejang adalah kepiting segar yang direndam dengan kecap asin dan difermentasi selama beberapa waktu. Kepiting yang digunakan untuk ganjang gejang haruslah kepiting yang masih hidup sehingga rasanya lebih lezat. Ganjang gejang ini biasanya disajikan dengan nasi dan lauk pendamping lainnya.

2/ Gaebul

Kalau ENDEUSiast suka makanan mentah sejenis sashimi, ENDEUSiast pasti juga akan suka dengan gaebul. Makanan yang satu ini dibuat dari cacing sendok atau juga disebut sebagai ikan penis. Dari bentuknya memang makanan ini terlihat mengintimidasi, namun gaebul terlebih dahulu dipotong-potong sebelum disajikan. Cacing sendok yang digunakan harus dalam keadaan segar agar rasanya lebih lezat. Gaebul ini biasanya disajikan dengan minyak wijen dan kecap asin.

3/ Golbaengi

Masakan mentah yang juga populer di Korea adalah golbaengi . Makanan yang satu ini dibuat dari sejenis siput laut dan diolah menjadi salad atau disebut golbaengi muchim . Golbaengi muchim ini terbuat dari campuran siput laut mentah yang diberi gula, cuka, gochujang , dan sayuran yang lain. Biasanya golbaengi disajikan sebagai makanan pendamping ketika minum soju .

4/ Yukhoe

Kalau makanan mentah yang umum adalah seafood , namun di Korea daging sapi juga dimakan mentah. Yukhoe adalah sajian makanan mentah yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diberi bumbu-bumbu dan disajikan mentah. Bumbu yang digunakan untuk yukhoe adalah kecap asin, minyak wijen, gula, dan juga gochujang .

Yukhoe ini disajikan dengan buah pir dan juga kuning telur mentah sebagai topingnya. Salah satu kunci kelezatan yukhoe adalah dari daging yang segar. Daging yang digunakan untuk yukhoe ini harus daging segar dan disimpan dengan baik agar tidak terpapar bakteri.

5/ Haesam

Haesam adalah salah satu makanan mentah yang terbuat dari hewan laut seperti kerang. Di Indonesia, hewan ini dikenal sebagai teripang dan biasanya diolah menjadi keripik atau hidangan lauk. Namun di Korea, teripang dimakan mentah dengan dicampur saus khas Korea. Makanan yang satu ini juga banyak digemari karena tekstur yang lembek dan kenyal serta rasa yang gurih.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.