5 Sajian Bali Populer Berbahan Dasar Ayam
5 Sajian Bali Populer Berbahan Dasar Ayam

Daging ayam merupakan salah satu bahan populer untuk diolah. Bali juga memiliki beberapa sajian populer yang tentunya berbahan dasar ayam. Apa saja?

Daging Ayam adalah salah satu makanan yang sangat populer di Bali. Pulau Dewata tidak hanya menyuguhkan wisata-wisata alam yang indah, namun juga menyuguhkan berbagai macam kuliner dengan bahan dasar daging ayam yang lezat. Makanan dengan bahan ayam ini banyak digemari wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Selain itu, makanan dengan bahan daging ayam juga aman dikonsumsi bagi wisatawan yang tidak mengonsumsi daging babi.

Berikut ini beberapa makanan khas Bali yang berbahan daging ayam.

1/ Ayam Betutu

Konon , Ayam Betutu adalah makanan yang biasanya disajikan untuk para Raja di Bali. Masakan yang satu ini menggunakan satu ekor ayam utuh yang dipanggang dengan arang sekam. Sebelum dipanggang, ayam dilumuri dengan bumbu-bumbu dengan cara dipijat kemudian dibungkus dengan daun pisang atau pinang. Ayam Betutu ini menjadi salah satu makanan dengan rasa yang lezat karena dimasak dengan proses yang lama hingga berjam-jam hingga daging empuk dan bumbu meresap sempurna.

Karena proses pemasakan yang lama, Ayam Betutu biasanya hanya disajikan ketika upacara adat atau keagamaan saja. Namun sekarang sudah banyak warung atau restoran yang menyajikan ayam atau bebek Betutu untuk wisatawan.

2/ Nasi Campur Ayam Bali

Salah satu makanan berbahan ayam yang populer di Bali adalah Nasi Campur Ayam. Makanan yang satu ini merupakan makanan sehari-hari penduduk asli Bali. Selain ayam atau suwiran ayam, nasi campur ini juga disajikan dengan urap, lawar daging ayam, sate lilit, dan sebagainya. Agar lebih nikmat, Nasi Campur Ayam ini disajikan dengan sambal matah yang pedas dan segar. Hmmm, yummy!

3/ Sate Lilit

Sate Lilit adalah salah satu kuliner asli Bali dengan kepopuleran yang sama dengan Ayam Betutu. Sate Lilit terbuat dari daging cincang, bisa daging ayam atau ikan, yang dililitkan dalam tangkai serai. Setelah itu, sate dipanggang hingga matang. Tangkai serai memberikan aroma yang sedap dan wangi pada Sate Lilit. Sate ini biasanya dihidangkan dengan nasi campur.

4/ Sate Plecing

Selain Sate Lilit, Sate Plecing adalah olahan daging yang juga populer di Bali. Sate plecing ini dibuat daging ayam, ikan, ataupun babi. Hal yang membedakan Sate Plecing dengan sate yang lain adalah bumbu yang digunakan, yaitu bumbu plecing. Bumbu plecing ini terbuat dari cabai rawit, terasi, garam, tomat, dan sedikit perasan jeruk limau.

5/ Tum Ayam

Makanan berbahan daging yang lain adalah Tum Ayam. Tum Ayam merupakan sejenis pepes karena dimasak dengan dibungkus daun pisang. Daging yang digunakan bisa menggunakan daging ayam atau ikan yang dicampur dengan santan dan bumbu-bumbu. Setelah dibungkus dengan daun ayam, Tum Ayam kemudian dikukus hingga matang.

Itulah beberapa masakan khas Bali yang dibuat dengan bahan dasar Ayam. Penasaran ingin mencoba? ENDEUSiast bisa mengikuti resepnya di sini .

Endeustorial

Ikuti Instagram