Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Cara penyajian kopi ada begitu banyak ragamnya di Indonesia. Bahkan setiap daerah mempunyai racikan kopi favorit.

Kopi adalah salah satu minuman tradisi di Indonesia. Beberapa racikan kopi dalam negeri bahkan mempunyai rasa yang sama lezat dengan racikan kopi luar negeri seperti Americano, espresso, es kopi jeli , dan lain sebagainya. Teknik penyajian kopi di Indonesia juga bervariasi tergantung dengan daerah masing-masing. Namun, perbedaan cara penyajian inilah yang membuat kopi racikan tradisional mempunyai rasa yang lezat.

Meskipun sudah banyak racikan kopi yang modern, namun ternyata masih banyak orang yang menyukai racikan kopi secara tradisional. Berikut beberapa racikan kopi tradisional favorit banyak orang.

1/ Kopi talua

Kopi talua adalah salah satu racikan kopi yang berasal dari Minangkabau. Dalam bahasa Minangkabau, talua adalah telur, sedangkan kopi talua adalah racikan kopi dengan buih lembut yang berasal dari telur. Telur yang digunakan untuk kopi talua hanya kuningnya saja, sedangkan kopi yang digunakan bisa sesuai dengan selera.

Kopi talua ini dipercaya mempunyai khasiat kesehatan bagi peminumnya seperti meningkatkan vitalitas pria. Hal ini karena kandungan gizi dan vitamin yang tinggi dari kuning telur.

2/ Kopi Tubruk

Kopi tubruk adalah salah satu cara meracik kopi yang cukup umum di Jawa dan Bali. Dinamakan kopi tubruk karena cara pembuatan kopi ini hanya memerlukan kopi, air panas, dan gula saja. Kopi yang digunakan bisa kopi jenis apa saja sesuai selera. Namun, yang terpenting dari kopi tubruk adalah kopi tidak disaring. Sehingga ampas kopi akan tersisa di bagian bawah gelas.

3/ Kopi joss

Kopi joss adalah salah satu menu angkringan yang sangat populer si sekitaran tugu dan Malioboro, Yogyakarta. Racikan kopi ini sebenarnya sama dengan kopi tubruk, hanya saja kopi diberi arang panas. Ketika arang panas dimasukkan kedalam gelas kopi, makan akan keluar suara ‘joss’ sehingga racikan kopi ini dinamakan kopi joss. Arang yang digunakan akan mengendap di dasar gelas dan menghasilkan campuran rasa kopi dan arang.

4/ Kopi ijo

Bila biasanya kopi berwarna hitam, lain halnya dengan kopi ijo yang berasal dari Tulungagung ini. Kopi ijo adalah racikan kopi yang dicampur dengan kacang hijau dan rempah-rempah yang sudah disangrai. Kopi ijo ini memang tidak sepopuler jenis kopi lainnya namun di Tulungagung anda bisa mendapatkan kopi ini dengan mudah.

5/ Kopi durian

Kopi durian adalah salah satu racikan kopi khas dari Sumatra. Aroma khas kopi dan wangi durian yang berpadu jadi satu pasti akan membuat anda selalu ingat dengan kopi durian ini. Di Sumatra, kopi durian biasanya dibuat dengan menggunakan kopi Mandailing atau Sidikalang, kemudian dicampur dengan susu kental manis. Penggunaan susu kental manis bisa memperlembut aroma durian, sehingga menghasilkan kopi dengan rasa yang kaya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.