Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selain salmon, ikan tuna juga tak kalah populer dalam hidangan Jepang. Simak, beberapa sajian olahan ikan tuna yang pastinya endeus!

Ikan yang biasanya disajikan dalam kuliner Jepang adalah ikan salmon. Selain ikan salmon, ikan tuna juga banyak disajikan dalam masakan Jepang. Dua jenis ikan ini sama-sama populer dan banyak dikonsumsi oleh orang Jepang. Ikan tuna dalam kuliner Jepang disajikan dalam berbagai cara termasuk sebagai makanan mentah dan juga matang. Berikut ini beberapa olahan ikan tuna yang banyak dikonsumsi dalam kuliner Jepang.

1/ Maguro zuke don

Maguro zuke don adalah salah satu makanan Jepang yang disajikan secara mentah. Makanan yang satu ini mempunyai arti ikan tuna yang dihidangkan dalam mangkuk. Secara umum, maguro zuke don adalah perpaduan antara donburi dan sashimi . Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan tuna segar yang sudah dipotong-potong dan disajikan diatas semangkuk nasi. Sebelum dihidangkan, maguro zuke don diberi taburan bawang putih dan wijen yang sudah disangrai.

2/ Tuna teriyaki

Selain dalam keadaan mentah, ikan tuna juga banyak disajikan sebagai makanan matang. Tuna teriyaki adalah salah satu olahan ikan tuna yang dimasak dengan saus teriyaki. Ikan tuna yang sudah dipotong cukup tebal kemudian dipanggang. Setelah di panggang, ikan disajikan dengan saus teriyaki yang merupakan campuran kecap asin, sake , mirin , dan sebagainya. Rasa tuna teriyaki ini perpaduan manis dan asin yang lezat.

3/ Tuna mayo

Tuna mayo adalah salah satu olahan ikan tuna yang juga banyak digemari di Jepang. Makanan yang satu ini menggunakan daging ikan tuna kaleng yang sudah matang. Daging tuna kaleng kemudian dicampur dengan mayones. Tuna mayo ini biasanya digunakan untuk isian sandwich. Selain untuk sandwich, tuna mayo juga disajikan sebagai isian onigiri ataupun campuran salad sayur. Perpaduan rasa gurih, asin, dan juga creamy membuat tuna mayo ini banyak digemari orang Jepang.

4/ Sashimi

Orang Jepang memang paling sering menyantap ikan tuna yang masih mentah. Sashimi adalah salah satu olahan ikan tuna yang paling mudah dibuat. Ikan tuna untuk sashimi harus dalam keadaan segar, kemudian dipotong dengan ketebalan yang sama. Sashimi disajikan dengan saus celup yang terbuat dari kecap asin, jahe parut, dan wasabi. Kunci kelezatan sashimi terletak pada kesegaran ikan tuna.

5/ Sushi

Ikan tuna juga diolah menjadi sushi di Jepang. Makanan yang satu ini memang menjadi salah satu makanan Jepang paling terkenal di dunia. Sama halnya dengan sashimi, ikan tuna yang digunakan harus dalam keadaan segar. Ikan yang sudah diiris kemudian disajikan diatas nasi putih yang sudah diberi bumbu. Sushi yang menggunakan ikan tuna segar disebut dengan nigiri sushi , maki sushi , dan juga chirashi sushi .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.