Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang populer di Asia. Berikut ini beberapa jenis olahan ikan yang populer.

Di Asia, ikan adalah salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi hampir di setiap negara. Ada berbagai jenis olahan ikan yang ada di negara-negara Asia yang disesuaikan dengan cita rasa masing-masing. Di Indonesia sendiri, ikan banyak diolah dengan cara digoreng, dibakar, ataupun dibuat sup. Berikut ini beberapa olahan ikan dari negara-negara di Asia yang populer.

1/ Maeuntang

Dari Korea, ada salah satu olahan ikan yang banyak digemari yaitu maeuntang. Makanan yang satu ini adalah sejenis sup ikan dengan kuah yang pedas. Ikan yang biasa digunakan untuk maeuntang adalah ikan kakap, namun ikan lain juga bisa digunakan. Selain ikan, sup ini juga menggunakan seafood lain seperti kerang dan juga bahan lain seperti lobak, jamur, hingga pucuk daun krisantemum. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk dihidangkan ketika cuaca sedang dingin.

2/ Cha kho to

Salah satu ciri khas makanan di Asia Tenggara adalah penyajian yang menggunakan clay pot karena mampu menahan panas pada masakan. Selain sup ikan Vietnam , cha kho to adalah salah satu makanan yang berbahan dasar ikan. Masakan ini menggunakan ikan yang dimasak dengan bumbu dan gula hingga memberikan kesan caramel. Kemudian cha kho to dihidangkan menggunakan clay pot agar tetap panas.

3/ Perkedel tuna

Selain maeuntang, di Korea, ikan tuna juga bisa diolah menjadi pancake atau perkedel. Chamcojeon adalah perkedel yang dibuat dari ikan tuna. Ikan tuna yang biasa digunakan adalah ikan tuna kaleng dengan campuran bumbu-bumbu lain. Adonan ini kemudian dimasak dengan wajan datar hingga bagian luarnya krispi. Makanan yang satu ini biasa dihidangkan sebagai lauk pendamping ataupun lauk untuk bekal makan siang.

4/ Tom yum pla

Tom yum adalah salah satu sup seafood dari Thailand yang terkenal di dunia. Makanan yang satu ini berbahan dasar seafood seperti ikan, udang, cumi, dan sebagainya. Sup tom yum ini mempunyai rasa yang asam dan pedas karena campuran rempah-rempah. Sup ini sangat cocok untuk dimakan ketika cuaca sedang dingin. Tom yum pla, adalah salah satu varian tom yum yang berbahan dasar ikan. Bumbu yang digunakan sama dengan tom yum seafood, hanya saja bahan utamanya adalah ikan.

5/ Laap pla duk

Laap pla duk adalah salah satu olahan ikan lele dari Thailand. Makanan yang satu ini bisa dibilang sebagai salad orang Thailand. Laap pla duk ini berbahan dasar daging lele yang digoreng hingga kering. Ikan lele ini kemudian dibumbui dengan cabai, kucuran jeruk, daun ketumbar, bawang merah, daun dill, dan daun ketumbar. Penyajiannya ikan lele dicampur dengan saus tersebut dengan rasa asam, pedas, dan gurih.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.