Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Daging kambing adalah salah satu bahan makanan yang disajikan di Timur Tengah. Yuk, coba olahan daging ala Timur Tengah yang menggugah selera.

Daging kambing adalah salah satu bahan makanan yang umum disajikan pada kuliner asal Timur Tengah. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis olahan daging kambing yang dipengaruhi oleh masakan Timur Tengah.

Di negara-negara Timur Tengah, daging kambing biasanya diolah dengam bumbu dan rempah-rempah yang kuat untuk menyamarkan aroma kambing. Berikut ini beberapa olahan daging ala negara-negara Timur Tengah yang pastinya menggugah selera.

1/ Rogan josh, India

Rogan Josh adalah salah satu olahan daging kambing khas India. Nama rogan josh sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Persia yang artinya dimasak dalam minyak secara intens.

Seperti namanya, rogan josh adalah hidangan daging kambing yang dimasak hingga empuk dengan saus merah kental. Saus merah ini dibuat dari bawang merah dan bawang Bombay yang dikaramelkan. Bahan ini kemudian dicampur dengan bumbu lain seperti jahe, cengkeh, kapulaga, dan yogurt. Warna merah pada saus rogan josh ini dbuat dari campuran cabai Kashmiri dan akar alkanet.

2/ Shish Kebab, Turki

Membahas daging kambing tidak lengkap tanpa kebab. Hidangan daging kambing khas Turki ini adalah salah satu yang paling terkenal. Shish kebab dibuat dari daging kambing yang sudah dimarinasi selama semalaman dengan campuran bumbu sederhana seperti minyak zaitun, yogurt, lada Aleppo, dan garam. Daging yang sudah dimarinasi selama semalaman ini kemudian ditusuk dan dibakar.

3/ Lamb Tagine, Maroko

Di Maroko ada salah satu olahan daging yang juga populer. Lamb tangine adalah olahan daging kambing yang dimasak dengan model slow cook dengan panci khusus. Bentuk tutup panci ini kerucup dan berfungsi menjaga kelembaban hidangan. Tekstur lamb tangine ini lembut karena sudah dimasak dalam waktu yang lama. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk lamb tangine ini adalah kunyit, jahe, kayu manis, lada hitam, cayenne pepper, dan sebagainya.

4/ Mandi Laham, Arab

Di Arab, ada salah satu olahan daging kambung dengan campuran nasi. Nasi yang digunakan untuk makanan ini adalah nasi basmati atau long grain rice dan juga daging kambing. Mandi laham ini kemudian dimasak dalam wadah yang terbuat dari tanah liat yang tertutup. Bahan lain yang digunakan untuk makanan ini adalah sayuran seperti zucchini, wortel, hingga kacang-kacangan dan juga buah-buahan kering.

5/ Nasi Biryani, India

Hampir mirip dengan mandi laham, nasi biryani adalah salah satu makanan berbahan dasar daging kambing. Makanan yang satu ini populer di India dan Pakistan. Keunikan nasi biryani ini adalah nasi dimasak bersamaan dengan daging kambing, sehingga aromanya menjadi lebih gurih dan lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.