Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ceker ayam merupakan bagian dari ayam tidak memiliki daging namun dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Yuk, intip insipirasinya.

Ayam merupakan hewan yang populasinya paling banyak di dunia. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang mengkonsumsi ayam sehingga banyak orang menternak ayam. Ayam memiliki kandungan gizi yang tinggi, memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapatkan. Hampir seluruh bagian ayam dapat dimanfaatkan mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Selain kulit ayam, ceker juga memiliki penggemar yang banyak. Kaki ayam atau ceker ayam merupakan bagian dari ayam yang sering diolah menjadi beraneka ragam makanan. Ceker ayam mengandung banyak zat yang berguna bagi tubuh yaitu kolagen, vitamin C, kalsium, glukosamin, protein, gelatin dan asam amino.

Oleh sebab itu, ceker ayam berfungsi memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mencegah kerapuhan tulang, menjaga elastisitas kulit, menjaga kesehatan gigi dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut ini ragam olahan ceker ayam dapat menjadi referensi ENDEUSiast untuk memasak.

1/ Ceker Garang Asem

Ingin mengolah ceker menjadi makanan yang anti mainstream? Maka ceker garam asem wajib ENDEUSiast buat. Garang asem merupakan masakan tradisional dari Jawa Tengah. Kini ENDEUSiast bisa menggunakan ceker ayam sebagai ganti dari potongan daging ayam atau sapi dalam membuat garang asem. Garang asem memiliki rasa rempah-rempah yang kuat.

2/ Seblak Ceker

Bagi orang yang menyukai makanan pedas, seblak bukan merupakan makanan yang asing. Kini ENDEUSiast dapat mengolah ceker menjadi seblak ceker yang lezat. Seblak merupakan kuliner khas Jawa Barat yang sangat populer karena memiliki cita rasa yang pedas.

3/ Ceker Tulang Lunak

Banyak orang tidak suka makan ceker karena tidak ada daging pada ceker. Sebagian besar ceker terdiri dari tulang. Meskipun begitu, jika ENDEUSiast tetap ingin menikmati ceker ENDEUSiast bisa membuat ceker tulang lunak.

Jika ENDEUSiast membuat hidangan ini ENDEUSiast bisa makan tulang yang ada pada ceker tersebut. Tulang ceker sangatlah nikmat karena mengandung sumsum tulang. Untuk membuat ceker tulang lunak, ENDEUSiast bisa melunakan tulang dengan alat presto. Setelah itu ENDEUSiast bisa megolah ceker tulang lunak dengan dikecap atau digoreng.

4/ Rica-Rica Ceker

Rica-rica merupakan masakan yang sangat terkenal. ENDEUSiast bisa masak berbagai daging menjadi rica-rica misalnya daging sapi, daging ayam, daging bebek dan sebagainya. Kini ENDEUSiast bisa mencoba membuat rica-rica ceker jika sudah bosan dengan rica-rica daging. Beberapa orang menyukai rica-rica karena memiliki rasa yang pedas dan gurih.

5/ Sop Ceker

Sop ceker mungkin kurang terkenal jika dibandingkan dengan beberapa jenis sop seperti sop ayam atau sop daging. Akan tetapi sop ceker ayam tidak kalah lezat dengan sop-sop tersebut. Apalagi jika sebelum mengolahnya ENDEUSiast menggepuk dahulu tulang ceker sehingga sumsum ceker bercampur dengan kuah sop.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.