Nasi Padang bisa ditemui hampir di semua kota di Indonesia, tetapi menu-menu yang satu ini nggak bisa ditemui di semua Warung Padang.

Warung Nasi Padang bisa dibilang rumah makan yang paling banyak penyebarannya di Indonesia selain warteg (warung tegal). Berbagai macam menu tersedia di warung makan ini, tetapi ada menu-menu enak yang jarang bisa ditemui.

Warung Nasi Padang, terkenal dengan pegawainya yang piawai membawa berbagai macam menu makanan dalam kedua tangannya. Ini memang memerlukan keahlian khusus untuk bisa membawa berbagai macam menu dalam kedua tangannya.

Meski di Rumah Makan Padang memiliki banyak sekali pilihan menu, ada beberapa menu yang nggak bisa kita temui di semua Warung Padang. Berbeda dengan ayam goreng, ayam gulai, dan telur dadar yang bisa ditemui di semua tempat makan Padang.

Nah berikut ini beberapa pilihan menu yang cukup langka untuk ditemui di rumah makan padang, hanya di tempat-tempat tertentu saja.

1. Gajebo

Gulai gajebo bisa dibilang susah untuk ditemui, bahkan ada yang bilang menu ini sudah sangat langka di Jakarta. Bisa jadi kamu belum pernah mendengar namanya?

Hanya ada beberapa rumah makan padang saja yang menyediakan menu ini. Gajebo sendiri adalah sandung lamur asam padeh yang dimasak dengan bumbu gulai. Daging berlemak dengan kuah gulai disajikan dengan nasi putih, memang susah buat ditolak.

Di Jakarta, Rumah Makan Sepakat, yang berada di kawasan Melawai, Blok M, merupakan salah satu rumah makan yang masih menyediakan menu ini hingga sekarang.

2. Kalio Daging

Sebelum menjadi rendang, adalah kalio sebutannya. Sama seperti rendang tetapi kalio memiliki kuah. Proses masaknya itu tidak sampai kering seperti rendang. Bagi sebagian orang ada yang lebih suka kalio karena berkuah dibanding dengan rendang yang lebih kering.

Seringnya kita menemui rendang di tiap Rumah Makan Padang, tapi tidak dengan kalio daging. Nggak ada salahnya sekarang kalau bosan dengan rendang bisa coba kalio.

3. Soto Padang

Terdengar sepele, tapi pernahkah kamu nemuin menu ini ketika berkunjung ke Rumah Makan Padang? Bisa dipastikan nggak semua warung makan menyediakan menu ini. Daging sapi yang digoreng kering, disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih, bisa banget untuk menjadi pilihan yang pas ketika lapar.

Buat kamu yang bosan dengan kuah santan ketika berkunjung ke Warung Makan Padang menu yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan.

4. Dendeng Lambok

Mirip dengan dendeng batokok, tetapi dendeng lambok lebih basah dan tidak kering seperti dendeng batokok. Sesuai dengan namanya, lambok artinya lembab atau basah. Dendeng sendiri adalah potongan daging yang diiris tipis kemudian dipukul-pukul agar empuk, lalu digoreng. Dendeng Lambok dimasak dengan bumbu balado.

Dendeng Lambok sangat cocok untuk penggemar masakan Padang yang bosan dengan rendang. Tekstur daging yang lebih lembut dan bumbu balado yang gurih pedas sangat pas disantap dengan nasi panas.

5. Ayam Pop

Berbeda dari ayam gulai yang hampir bisa ditemui di semua restoran, rata-rata hanya restoran Padang yang agak besar yang menyajikan menu ayam pop. Disajikan dengan sambal cabai merah yang khas, membuat pengalaman menyantap ayam ini menjadi lebih nikmat.

Ayam yang digoreng sebentar membuat dagingnya masih berwarna putih. Menu ini juga bisa dijadikan menu untuk keluarga yang membawa anak kecil. Karena rasanya yang enak, juga tidak pedas sehingga masih bisa dinikmati oleh anak-anak. Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan menu di Rumah Makan Padang menggunakan cabai.

Itulah lima menu yang jarang ditemui di warung nasi padang. Dari kelimanya, memiliki tekstur dan rasa yang berbeda satu sama lain. Begitu kamu ke Rumah Makan Padang, bisa memesan salah satunya untuk rasakan pengalaman baru dalam menyantap nasi padang.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.