Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan khas Sumedang apa saja yang harus dicoba saat berlibur kesana? Yuk lihat beberapa contohnya disini!

Ingin berlibur dengan destinasi yang berbeda? Mengapa tidak mengunjungi Sumedang? Sumedang sendiri adalah salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Barat. Jika ENDEUSiast ingin berkunjung ke Cirebon dari Bandung, maka ENDEUSiast pasti akan melewati kota ini.

Mendengar kata Sumedang, apa yang telintas di benakmu? Tentu tak luput dari makanan. Banyak masakan khas Sumedang yang wajib ENDEUSiast cicipi.

1/ Tahu Sumedang

Memang ini bukanlah masakah khas Sumedang, namun membicarakan Sumedang kurang lengkap rasanya jika tak memasukkannya ke dalam list yang wajib ENDEUSiast coba. Sebetulnya pembuatan tahu Sumedang sama saja dengan tahu pada umumnya, namun yang membedakan adalah tahu akan menghasilkan bentuk yang berbeda dibanding biasanya, karena pembuatannya sendiri menggunakan sisa penggumpalan tahu dan asam cuka dan telah disimpan 2-3 hari.

Inilah yang membuat tekstur tahu akan mengalami perubahan beberapa jam setelah digoreng. Tahu yang awalnya gurih juga akan berubah menjadi asam dan kulitnya yang awalnya garing berubah menjadi liat. Karena itu,sebaiknya agar awet simpan tahu di dalam kulkas.

2/ Nasi Tutug Oncom

Di Sumedang sendiri, oncom banyak ditemukan di desa Pasierungrit Kecamatan Pase, walaupun sudah ada di seantero Jawa barat, namun oncom di desa inilah yang istimewa. Oncom nya dibuat menggunakan ampas ketela yang dicampur dengan olahan kacang tahah (bungkil)

Tutug sendiri memiliki arti tumbuk, sehingga nasi nantinya akan dicampur dengan oncom yang telah digoreng atau dibakar sebelumnya. Intip resep Nasi Tutug Oncom di sini .

3/ Soto Bongko

Soto Bongko biasanya akan ramai saat sarapan tiba. Bongko sendiri memiliki arti gumpalan besar. Mengapa Soto Bongko? Karena biasanya Soto Bongko disajikan bersama lontong yang dibungkus dan berukuran besar sebagai pelengkap.

Dalam satu porsi soto biasanya berisi taoge rebus, lontong, tahu sumedang, dan ayam yang disiram menggunakan kauh kari bersantan yang kental. Tak lupa tambahan bawang goreng, emping, sambal, dan kecap.

4/ Ubi Cilembu

Ubi cilembu memiliki tekstur yang mirip seperti ubi madu. Apa yang membedakan ubi ini dengan ubi lainnya? Saat dipanggang, ubi ini akan mengeluarkan getah yang meleleh dengan cita rasa manis layaknya madu. Wah, langsung terbayang kan lezatnya.

Ubi Cilembu ini adalah produk unggulan pemerintah Kabupaten Sumedang yang mulai dikenalkan sejak 1990-an. Rasanya yang manis membuat ubi ini cenderung banyak diburu sebagai oleh-oleh.

5/ Opak Ketan

Makanan khas Jawa Barat ini sudah cukup terkenal di seluruh Indonesia. Penganan khas ini umumnya dibuat menggunakan singkong sebagai bahan bakunya, namun di tangan masyarakat Sumedang, opak dibuat menggunakan beras ketan.

Itulah beberapa makanan khas Sumedang yang wajib ENDEUSiast coba jika berlibur ke Sumedang. Hayo ENDEUSiast sudah pernah coba yang mana?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.