Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selain daging, masakan dengan bahan dasar telur yang juga menjadi salah satu masakan populer di Indonesia.

Masakan Indonesia dengan bahan dasar telur tidak kalah populer di kalangan masyarakat. Telur adalah salah satu sumber protein selain daging sapi, ayam, dan ikan yang baik. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis masakan yang berbahan dasar telur dan menjadi salah satu favorit banyak orang. Berikut ini adalah beberapa olahan masakan Indonesia serta telur yang bisa ENDEUSiast jadikan inspirasi untuk memasak sehari-hari.

1/ Telur Asin

Telur asin adalah salah satu olahan telur yang paling populer. Telur ini biasanya dibuat dengan telur bebek namun juga bisa menggunakan telur ayam meskipun kurang populer. Olahan telur asin ini biasanya dikonsumsi dengan cara dikukus saja sebagai tambahan lauk. Namun tren kuliner beberapa tahun terakhir adalah menggunakan telur asin sebagai saus pada makanan atau dikenal juga sebagai salted egg yolk . Proses pembuatan telur asin ini juga cukup mudah, yaitu dengan merendam telur bebek pada larutan garam selama satu minggu.

2/ Rendang Telur

Biasanya rendang dibuat dengan daging sapi. Beberapa orang juga membuat rendang dengan daging ayam. Ternyata di Padang, rendang juga bisa dibuat dengan menggunakan telur. Rendang telur ini di Padang dikenal dengan nama rendang talua. Meskipun namanya rendang telur, namun penampakannya tidak seperti telur. Rendang telur berbentuk pipih dan biasanya dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

3/ Telur Balado

Selain rendang, telur juga biasanya dimasak dengan bumbu balado. Telur balado adalah salah satu menu yang sangat populer di berbagai restoran Padang. Masakan yang satu ini menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan lainnya. Warna telur balado yang mullah membuat masakan yang satu ini terlihat sangat menarik.

4/ Kerak Telor

Variasi masakan berbahan telur yang lain adalah kerak telor. Makanan yang berasal dari Jakarta ini sekilas terihat seperti telur dadar namun dibuat dengan cara yang berbeda. Bahan yang digunakan untuk membuat kerak telor adalah telur bebek atau ayam, nasi, telur, dan bumbu-bumbu. Proses pembuatannya juga masih menggunakan tungku arang sehingga rasanya menjadi lebih sedap dan warnanya kecoklatan. Setelah matang, kerak telor disajikan dengan serundeng dan taburan ebi.

5/ Telur Pindang

Bila di Cina adalah sajian tea egg, di Indonesia juga ada telur pindang yang hampir serupa. Telur pindang biasanya menjadi pelengkap gudeg dengan cita rasa yang manis dan gurih. Membuat telur pindang ini juga mudah, yaitu telur yang direbus dengan bumbu-bumbu seperti daun salam, lengkuas, serai, dan garam. Yang terpenting dalam pembuatan telur pindang ini adalah proses perebusannya harus lama agar bumbu bisa meresap hingga ke bagian dalam telur.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.