Makan dengan tangan secara langsung dinilai lebih sehat loh.

Di Indonesia makan langsung menggunakan tangan bukan lagi hal yang aneh. Budaya makan dengan tangan udah terjadi sejak lama. Bahkan dari zaman kakek - nenek kitapun budaya seperti ini udah dikenal.

Ternyata makan dengan menggunakan tangan langsung ada manfaatnya loh. Meski peralatan makan udah banyak yang bagus-bagus, ternyata selain ada manfaatnya, makan langsung dengan tangan terasa lebih nikmat untuk beberapa menu tertentu.

Ditarik dari asal usulnya, makan menggunakan tangan langsung adalah tradisi yang sudah turun temurun hingga sampai saat ini. Misalnya ada tradisi nyeruit di Lampung yang merupakan makan bersama-sama. Nah, seruit ini makannya nggak menggunakan alat makan sendok/garpu tapi langsung dengan tangan.

Sekarang yuk kita bahas apa aja manfaatnya makan dengan langsung menggunakan tangan tanpa pakai alat makan.

1. Baik untuk pencernaan

Terdapat bakteri baik dan buruk di tubuh kita, tak terkecuali di bagian tangan. Bakteri ini berfungsi sebagai pelindung dari virus jahat. Jadi virus jahat ini nggak bisa masuk ke dalam tubuh kita.

Dengan makan menggunakan tangan langsung bakteri baik bisa ikut masuk ke tubuh kita. Lalu bisa merangsang sistem tubuh agar bisa bekerja lebih optimal.

2. Mengurangi risiko diabetes tingkat 2

Ada sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh jurnal Clinical Nutrition, bahwa orang dengan diabetes tingkat 2 cenderung makan dengan menggunakan alat makan (sendok - garpu) dan makan dengan cepat. Alasannya karena terdapat ketidakseimbangan antara gula darah di dalam tubuh.

Dengan makan menggunakan tangan “temponya” akan lebih lambat dibanding makan dengan alat makan. Dengan begitu bisa mengurangi risiko diabetes tingkat 2.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Dengan makan menggunakan tangan bisa merangsang otot-otot melalui gerakan-gerakan. Dengan ini sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Dengan gerakan-gerakan yang konsisten aliran darah menjadi lebih lancar.

4. Fokus dalam makan

Karena makan menggunakan tangan, berarti kita nggak bisa melakukan hal lainnya. Berbeda dengan makan menggunakan sendok garpu yang membuat tangan kita masih bersih sehingga bisa melakukan hal-hal lain yang bisa membuyarkan fokus makan kita.

Sebut aja sambil maen ponsel, ganti remot tv, dan lainnya bisa mengganggu waktu makan kita. Makanya dengan menggunakan tangan kita hanya akan fokus ke makanan kita tanpa terganggu kegiatan lain.

5. Lebih peduli dengan kebersihan

Jika kita udah mau makan dengan tangan, otomatis yang kita lakukan adalah mencuci tangan dulu. Hal ini membuat tangan kita menjadi lebih bersih dari sebelumnya.

Berbeda ketika kita makan menggunakan alat makan. Karena kita nggak mencucinya dulu kan sebelum makan?

Jadi bagi kita yang suka makan langsung menggunakan tangan, nampaknya bisa terus dibiasakan nih.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.