Makanan Indonesia memang beragam, berikut ini beberapa makanan yang berwarna hitam dengan rasa yang legit.

Makanan berwarna hitam memang tidak terlalu menarik hati karena warnanya yang kusam. Namun siapa sangka bila beberapa makanan berikut ini mempunyai rasa yang legit dan lezat meskipun warnanya hitam. Warna hitam pada makanan tradisional Indonesia ini berasal dari bahan alami seperti kluwek, tinta cumi, merang, dan sebagainya. Makanan berwarna hitam ini kini menjadi salah satu makanan hits yang banyak dijumpai di berbagai kafe dan restoran. Berikut ini beberapa variasi makanan berwarna hitam khas Indonesia.

1/ Oseng Cumi Hitam

Sebagian besar orang membuang kantong tinta pada cumi-cumi dan memilih tumis cumi yang berwarna putih. Meskipun oseng cumi hitam ini terlihat aneh, namun nyatanya makanan yang satu ini akan membuat ENDEUSiast ketagihan. Tinta cumi tidak hanya memberikan warna hitam pada masakan namun juga memberikan rasa gurih yang alami pada masakan. Agar oseng cumi bisa berwarna hitam, ENDEUSiast bisa membersihkan bagian kepala cumi-cumi dengan hati-hati agar kantung tintanya tidak pecah.

2/ Ongol-Ongol

Ongol-ongol adalah salah satu makanan tradisional yang biasanya disajikan bersama lupis dan cenil. Ongol-ongol ini mempunyai tekstur yang lembut, kenyal dan rasa yang manis. Warna hitam pada ongol-ongol ini biasanya dihasilkan dari merang yang sudah dibakar. Sehingga warna hitam pada ongol-ongol ini cenderung keabu-abuan.

3/ Rawon

Rawon adalah salah satu makanan berwarna hitam yang paling populer. Makanan khas Surabaya ini sudah tersohor hingga ke pelosok Indonesia. Rawon mempunyai cita rasa yang unik, gurih, dan pastinya nagih. Warna hitam pada rawon didapat dari penggunaan kluwek. Bahan ini adalah sejenis kacang-kacangan namun mempunyai kulit yang sekeras batu sehingga harus dipecah dengan menggunakan benda yang keras. Daging kluwek dihaluskan bersama bumbu dan kemudian tumis hingga matang untuk menghilangkan rasa getir dan aroma yang menyengat.

4/ Brongkos

Brongkos adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang juga berwarna hitam. Sekilas brongkos ini mirip dengan rawon dan memakai bahan yang sama yaitu daging dan kluwak. Namun brongkos ini mempunyai rasa yang lebih manis dan warnanya juga tidak sepekat rawon. Warna brongkos cenderung coklat gelap dan kuahnya lebih encer.

5/ Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam adalah salah satu dessert atau makanan penutup yang cukup populer di Indonesia. Warna hitam pada makanan ini karena warna beras ketan yang hitam alami. Rasa bubur ketan hitam ini manis yang berasal dari gula merah dan gurih yang berasal dari santan. Bubur ketan hitam ini biasanya disantap begitu saja atau dikombinasikan dengan bubur yang lain seperti bubur sum-sum, biji salak, dan lainnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.