Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Makanan untuk sarapan dari beberapa Negara di Asia memiliki keunikan tersendiri. ENDEUSiast tertarik untuk mencobanya?

Makanan untuk sarapan di setiap negara pasti berbeda. Bila di negara-negara Barat, menu sarapan biasanya adalah pancake, sereal, dan roti. Meskipun tidak ada aturan khusus untuk makanan sarapan, namun setiap negara mempunyai kebiasaan sendiri-sendiri.

Di negara-negara Asia, makanan sarapan masih didominasi dengan nasi dan juga lauk pendamping yang lain. Berikut ini beberapa makanan sarapan dari berbagai negara di Asia.

1/ Thailand

Masyarakat Thailand nampaknya mempunyai makanan untuk sarapan yang mirip dengan Indonesia, yaitu bubur. Khao tom adalah salah satu Makanan yang biasa dimakan ketika sarapan. Makanan yang satu ini merupakan bubur dengan campuran udang, ayam, kaldu ikan, dan juga irisan lobak.

Selain bubur, ada juga donat khas Thailand yang disebut pa thong go yang dibuat dengan bentuk X. Donat ini biasanya disajikan dengan krim custard, susu kedelai, dan saus celup yang manis.

2/ Jepang

Makanan sarapan di Jepang termasuk cukup komplit. Biasanya orang Jepang menyajikan nasi lengkap dengan lauk dan juga sup miso. Lauk yang dihidangkan bisa berbeda misalnya ikan, telur, dan sebagainya. Selain itu, makanan sarapan orang Jepang juga menyajikan natto, yaitu fermentasi kacang kedelai dengan campuran mustard dan kecap asin Jepang. Selain makanan, teh hijau juga dihidangkan ketika sarapan.

3/ Korea

Di Korea, tradisi makan, baik makan pagi, siang, dan malam, biasanya menyuguhkan menu lengkap seperti makan besar. Makanan utamanya adalah nasi dengan beberapa lauk pendamping, kimchi, dan juga sup. Sup yang disajikan biasanya merupakan sup dengan kuah bening sehingga makan menjadi terasa lebih nikmat.

4/ Singapura

Makanan sarapan yang populer di Singapura adalah kaya toast atau roti panggang dengan selai sarikaya. Meskipun bukan nasi, namun makanan yang satu ini tetap lezat. Hal ini karena penggunaan selai sarikaya yang terbuat dari campuran santan, telur, dan gula yang dimasak dengan api kecil. Selain itu, biasanya telur rebus dengan kecap asin juga biasa dihidangkan bersama dengan toast bersama dengan secangkir kopi panas.

5/ Vietnam

Kalau di negara Asia, nasi menjadi salah satu makanan pokok untuk sarapan, namun di Vietnam makanan sarapannya adalah Banh Mi Op La . Makanan yang satu ini adalah roti dengan telur mata sapi. Roti yang digunakan bukanlah roti putih pada umumnya melainkan roti baguette khas Vietnam yang sudah diolesi dengan mentega. Roti ini kemudian disajikan secara terpisah dengan telur mata sapi, irisan ham, dan juga beberapa macam sayuran. Banh Mi Op La ini biasanya juga disajikan dengan saus cabai pedas ataupun mayonnaise bagi yang kurang suka pedas.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.