5 Makanan Rumahan yang Selalu Dikangenin
5 Makanan Rumahan yang Selalu Dikangenin

Makanan rumahan emang sesuatu yang paling dikangenin ketika tinggal jauh dari rumah.

Ada yang merantau? Ada yang tinggal jauh dari keluarganya? Salah satu yang paling sering dikangenin adalah makanannya pastinya. Karena kuliner rumahan emang sebegitu ngangeninnya.

Buktinya, begitu kangen makanan rumah pasti dicari yang mirip-mirip sehingga bisa sedikit bisa mengobati rindu makanan rumah. Tapi pas pulang sampe rumah, semua yang dirindukan pasti langsung dicari sehingga bisa langsung mengobati rasa rindu rumah.

Oia, sebelum membahas lebih jauh lagi mengenai apa aja makanan rumahan yang paling banyak dirindukan, ada baiknya kita bahas dulu apa itu masakan rumahan. Adalah makanan yang sering ditemui di rumah kita. Atau dengan kata lain masakan yang sering dimasak oleh orangtua atau orang rumah.

Nah apa aja makanan yang paling sering dikangenin? Ini dia 5 makanan rumahan yang paling sering dikangenin orang.

1. Sop

Hampir di setiap rumah pasti suka menyajikan sop. Kita udah mengenal makanan berkuah bening ini sedari kecil. Yang membuat kangen adalah hampir di setiap daerah ada sop, tapi yang rasanya autentik seperti di rumah, ya di rumah sendiri.

Karena itu sop buatan rumah rasanya nggak ada yang ngalahin meski di banyak rumah makan yang menyediakan menu ini.

Lihat berbagai resep sop di sini .

2. Sayur lodeh

Satu lagi menu makanan rumahan yang bikin kangen banget sama rumah. Sama seperti sop, sayur lodeh juga cukup mudah untuk ditemui. Tapi emang bisa mengalahkan enaknya sayur lodeh yang ada di rumah?

Berbagai resep lodeh yang lain bisa dilihat di sini .

3. Sayur asem

Bisa dibilang masih “saudaraan” dengan sayur lodeh, yang satu ini juga punya cita rasa yang khas ala rumah. Meski banyak tersedia di warteg-warteg, bisa dipastikan buatan orang rumah pasti yang terbaik untuk lidah kita bukan?

Dengan rasa kuah yang sedikit asam, ditambah campuran melinjo dan jagungnya yang membuat sayur asem manjadi sempurna.

4. Nasi goreng

Meski memiliki banyak macam dan toppingnya , justru nasi goreng buatan rumah yang simple tanpa ada banyak tambahan bumbu dan bahan pelengkap lainnya yang paling dirindukan.

Mau resep nasi goreng yang enak lainnya? Langsung klik ini .

5. Rendang

Meski berasal dari Sumatra Barat, rendang sudah menjadi kuliner Nusantara yang banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Nggak heran kalo di tiap rumah dan keluarga memiliki resep rendangnya masing-masing.

Bisa dibilang rumah makan padang memiliki penyebaran yang terluas juga di Indonesia setelah warteg. Oleh sebab itu banyak resep rendang yang dimiliki oleh masing-masing keluarga, yang akhirnya bisa membuat anggota keluarga kangen deh sama masakan rumahnya.

Itulah lima makanan rumahan yang paling sering dikangeni oleh masing-masing orang. Bagi sedang merantau atau yang sudah berkeluarga, pasti suka kangen dengan makanan rumahan yang biasa ia makan.

Lion Haloho