Karena makanan bisa menyatukan segala status dan kasta

Beberapa tahun ke belakang, kita sering mendengar tradisi liwetan yang berasal dari gaya bersantap masyarakat Jawa Barat. Tradisi yang juga diberi nama Botram atau Munggahan ini dinilai erat dengan kebersamaan, toleransi tinggi, dan semangat gotong royong yang sepatutnya dijunjung oleh semua masyarakat Indonesia.

Tradisi yang sampai kini masih dianut erat seperti Bajamba di Sumatera Barat, Bedulang di Bangka Belitong, hingga Bakar Batu di Papua, tidak hanya berhasil memotret momen kebersamaan dari segala usia, tetapi juga cara mempertahankan nilai tradisi agar tetap dijunjung luhur.

Selain beberapa kebiasaan di atas, ternyata banyak juga kuliner yang terbukti bisa bikin kita dan teman-teman seketika ngumpul! Apa saja di antaranya?

Rujak

Baik rujak serut, potongan buah, atau rujak bebeg, sajian rujak selalu sukses bikin teman-teman ngumpul. Bumbu rujak yang terdiri dari kombinasi manis pedas, seolah menyatu dengan karakter rasa buah yang menyegarkan

Gorengan

Ngaku deh , saat teman menawarkan sebungkus gorengan, tidak mungkin teman yang lain tidak akan ikut menyantap sajian tersebut. Siapa coba yang bisa menolak nikmatnya pisang goreng, mendoan, tahu isi, bakwan, ubi goreng, hingga cireng yang tersaji hangat dengan tambahan potongan cabai rawit?

Martabak

Baik yang manis maupun gurih, martabak tidak hanya digunakan sebagai sajian selebrasi ataupun salam tempel ke calon mertua saja. Hangatnya potongan martabak, tentu selalu berhasil bikin kegiatan terhenti sejenak untuk menikmati makanan yang diadaptasi dari budaya arab dan india ini.

Ikan Bakar

Menu makan yang satu ini juga dapat bikin teman-teman ngumpul bareng. Baik diadakan di rumah saat menyambut tahun baru ataupun acara-acara kumpul seru lainnya, bakar ikan memang lebih sedap saat dilakukan dengan banyak orang.

Mi Instan

Walaupun bukan termasuk hidangan asli Indonesia, memasak makanan ini juga tak kalah sukses bikin teman-teman ngumpul. Umumnya, karena aroma yang dihasilkan dari mi instan gampang menggoda iman dan perut . Siap-siap berebutan deh, apalagi jika dibuat dalam jumlah yang banyak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.